Mother&Baby Indonesia
Meningkatkan Imunitas Si Kecil

Meningkatkan Imunitas Si Kecil

Imunitas yang terjaga dengan baik dalam tubuh Si Kecil sangat berperan dalam proses tumbuh-kembangnya. Agar imunitas Si Kecil terjaga dengan baik, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.


1.ASI eksklusif
Air susu ibu (ASI) mengandung zat antibodi alami yang diperlukan tubuh. Inilah unsur penting yang bisa memperkuat sistem imunitas Si Kecil.


2.Cukup tidur
Saat Si Kecil tidur, tubuhnya akan membentuk sel-sel baru yang mampu menangkal berbagai macam kuman.




3.Cukupi nutrisi Si Kecil
Setelah ia lulus masa ASI eksklusif, berikan beragam jenis buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dan beta-karoten untuk membantu sel-sel baru dalam menangkal kuman. Tak hanya itu, zat-zat lain yang terkandung dalam buah dan sayuran juga memiliki peran yang sama untuk tubuhnya.


4.Hindari asap rokok
Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia berbahaya yang bisa melemahkan sistem imunitas anak. Jadi, jauhkan Si Kecil dari asap rokok!




5.Jangan terlalu steril
Meski kuman dapat berpotensi menyebabkan Si Kecil terkena infeksi penyakit tertentu, namun rangsangan keberadaan kuman juga dibutuhkan dalam melatih sistem imunitasnya. Bila Si  Kecil dibiasakan hidup steril, maka tubuhnya akan jarang beradaptasi dengan jenis-jenis kuman tertentu untuk membentuk imunitas.


6.Imunisasi
Pemberian bibit penyakit yang telah dilemahkan perlu dilakukan untuk memperkuat kekebalan tubuh Si Kecil terhadap penyakit tertentu. Jadi, jangan lupakan jadwal imunisasinya! (Gita/dok.freedigitalphotos)



Tags: imunitas,   imunisasi










Cover Mei-Juni-Juli 2020