Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 20 Juni 2013 / Redaksi

Kemampuan Si Kecil Mengenal Warna Usia 2-3 Tahun

Pada usia batita (bawah tiga tahun-red), Si Kecil akan mulai belajar hal-hal baru, termasuk mengeksplorasi warna. Kemampuannya untuk mengenali warna-warni berbeda akan meningkat seiring pertambahan usianya. Memasuki usia 18 bulan, ia juga mulai memahami bentuk, ukuran, dan tekstur. Anda tak perlu memaksa Si Kecil untuk bisa secepatnya membedakan berbagai warna, sebab butuh waktu untuk bisa mencapai tahap itu.

 

Saat usianya 2 tahun, Si Kecil akan lebih antusias jika Anda memberinya buku yang berisi gambar berbagai bentuk dan warna. Anda bisa mulai meningkatkan kemampuannya dengan bermain tebak-tebakan, misalnya minta ia mencari gambar kotak merah. Begitu ia mampu mengenal beberapa warna, ajaklah untuk melakukan permainan baru. Tunjuk 1 objek dan tanyakan, “apa warna segitiga ini?”. Anda akan melihat betapa senangnya Si Kecil saat ia diminta menunjukkan kemampuannya. Jika salah, jangan mengejek apalagi memarahinya. Cukup sebutkan warna yang benar dengan nada ringan dan riang.



 



Saat pergi bersamanya, Anda juga bisa bermain sambil memberi 'pancingan' agar dia menunjukkan warna yang Anda sebutkan. Katakan, “ibu melihat bunga berwarna merah!”, lalu mintalah Si Kecil menunjukkan bunga yang Anda lihat. Atau saat Si Kecil memakai baju biru, minta ia menunjukkan benda di sekelilingnya yang juga berwarna biru. Dengan begitu, kemampuan Si Kecil untuk mengenal warna akan semakin terasah. (Aulia/doc.M&B)

 

 


OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019