Mother&Baby Indonesia
Si Kecil Tak Mau Lepas dari Ibu

Si Kecil Tak Mau Lepas dari Ibu

Saat menghadiri sebuah acara pesta ulang tahun temannya, Si Kecil mendadak menjadi 'anti-sosial' dan tidak mau lepas dari Anda. Tidak ada yang dapat membujuknya untuk bergabung dengan teman-temannya yang sedang menikmati pesta. Jika sudah begitu, janganlah Anda terburu-buru menilai bahwa ia tidak mampu bersosialisasi.

 

Wajar jika balita selalu ingin berada di dekat ibunya. Sikap 'menempel' ini merupakan bagian yang alami dari perkembangan anak. Marah atau terlalu memaksanya malah akan membuatnya menjadi lebih merasa tidak aman.



 



Berikut tip untuk membantunya merasa aman dalam situasi sosial.


1. Jangan berharap terlalu banyak. Tetap berdiri atau duduklah di dekatnya, sehingga ia tidak merasa ditinggalkan.
2. Alihkan perhatian Si Kecil untuk menenangkannya. Ajaklah ia berkeliling atau menonton pertunjukkan menarik di tempat tersebut.
3. Bantu ia untuk mengungkapkan perasaannya. Tenangkan ia dengan meyakinkan kalau semua orang di tempat itu tidak akan menyakitinya.
4. Amati tanda-tanda apakah ia letih atau sedang sakit. Rasa letih dan sakit akan membuatnya lebih suka di rumah bersama Anda.
5.Jika Si Kecil benar-benar tidak menyukai keadaan tersebut, tidak perlu dipaksakan. Lebih baik Anda pamit pulang bila ia sudah mulai memperlihatkan tanda-tanda tantrum).
(Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: balita tak mau lepas dari ibu,   si kecil tak mau lepas dari ibu,   sikap anti-sosial anak,   kebiasaan an