Home - Bayi - Berita Tentang Bayi / 7 Mei 2013 / Redaksi

Berkomunikasi dengan Bayi

Seberapa sering Anda frustasi karena tak tahu apa yang diinginkan oleh bayi Anda? Anda harus menebak apa yang membuatnya menangis atau apa yang diinginkannya. Di negara Barat, pusat pelatihan komunikasi bahasa isyarat ibu dan bayi telah menjamur demi menjembatani komunikasi ibu dengan bayinya.
Ide ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli perkembangan anak di Amerika, Dr. Joseph Gracia. Menurut pengamatannya, orangtua yang tuli begitu mudah berkomunikasi dengan bayinya melalui bahasa isyarat. Bayi mereka tampaknya mengerti bahasa isyarat dan mereka lebih tenang ketimbang bayi pada umumnya, karena mereka bisa mengekspresikan pikiran dan keinginannya pada Sang Ibu.
Pengamatan ini membuat Dr. Gracia berpikir bahwa ibu yang normal pun sebenarnya bisa melakukan hal tersebut dan mendapatkan manfaatnya. Menurutnya, berkomunikasi dengan bahasa isyarat dapat membantu mendorong kepercayaan diri bayi dan mengurangi tingkat frustasinya. Bahasa isyarat ini bisa diajarkan saat fisik dan mental Si Bayi sudah siap, yaitu saat usianya menginjak 6-7 bulan. (Aulia/doc.M&B)



 

 


RELATED ARTICLE

Apakah Bayi 3 Bulan Boleh Diberi Minum Air?

3 hal yang Tidak Boleh Diberikan pada Bayi

Mengenalkan Bayi pada Hewan Peliharaan

OTHER ARTICLES

Cegah Alergi dengan Jaga Kebersihan Udara di Rumah

Tips Memilih dan Mengonsumsi Susu UHT yang Aman

Pentingnya Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak

Moms Perlu Tahu, Masalah Sendi pada Anak

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan