Mother&Baby Indonesia
Tip Mengurangi Rasa Mual

Tip Mengurangi Rasa Mual

Sebagian besar wanita hamil mengalami rasa mual. Umumnya, keluhan yang biasa disebut morning sickness ini timbul di pagi hari. Gejala ini umumnya terjadi pada awal kehamilan hingga bulan ketiga.

 



“Perintah” yang membuat rasa mual dan muntah ini berada di dalam otak. Beberapa penyebabnya adalah tingginya kadar hormon kehamilan HCG dalam darah selama trimester pertama, peregangan otot-otot rahim, rileksasi jaringan otot dan saluran pencernaan, serta berlebihnya asam lambung yang tertimbun di malam hari. Namun, hal ini juga dapat dipicu oleh kecemasan dan tekanan emosi.

 

Anda dapat mencegah atau mengurangi gejala mual dan muntah ini dengan beberapa cara berikut.

1.Siapkan camilan kering yang berkadar protein tinggi. Makanlah setelah lambung lama kosong dan rasa mual datang. Pilih makanan ringan yang banyak mengandung zat tepung atau karbohidrat, sehingga dapat dimakan agak sering, seperti biskuit atau roti kering.

 



2.Kurangi kegiatan atau hal-hal yang dapat membuat stres, karena dapat memicu mual.

 

3.Hindari makanan yang terlalu berlemak, banyak bumbu, dan terlalu asam atau pedas.

 

4.Minum teh hangat sebelum turun dari tempat tidur juga membantu mengurangi rasa mual. Meskipun rasa mual mendera, Anda harus tetap berusaha makan. Makanlah sedikit demi sedikit, tetapi sering dengan porsi kecil.

 

5.Konsumsi makanan yang kaya protein dan karbohidrat, banyak minum, dan hindari aroma yang kurang menyenangkan atau yang merangsang rasa mual.

 

6.Jika Anda mual dan muntah berat hingga menurunkan berat badan, segera konsultasikan hal ini ke dokter.

 

7.Waspada jika mual dan muntah Anda menimbulkan rasa pusing. Pusing dapat menjadi indikasi dari penyakit serius. Oleh karena itu, jangan abaikan rasa pusing yang Anda alami. Segera konsultasikan pada dokter Anda tentang keluhan-keluhan yang Anda rasakan. (Aulia/doc.M&B)



Tags: mual,   muntah,   morning sickness,   menghindari morning sickness