Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Pilah-Pilih Makanan Saat Hamil

Mengatasi Pilah-Pilih Makanan Saat Hamil

PERTANYAAN ANDA
“Sejak awal kehamilan, saya suka pilih-pilih makanan. Saya pikir hal itu hanya terjadi di trimester pertama saja, tetapi ternyata masih berlanjut hingga sekarang. Bagaimana cara mengatasinya, ya? 
Intana Keisha, 27, sedang hamil 5 bulan.

Jahe dan Madu
“Cobalah menyiasatinya dengan makan permen jahe sebelum makan untuk menghilangkan rasa mual dan mengonsumsi madu 2 sendok makan setiap hari untuk menambah nafsu makan.”
Maghfira Yunus Basbed, 27, ibu dari Saeed Ahmad Muhammad Basaif, 2.

Sedikit tapi Sering
“Biasanya bumil jadi malas dan cenderung pilih-pilih makanan karena merasa mual saat melihat makanan dalam jumlah banyak. Maka, cobalah untuk makan dalam jumlah sedikit, namun sering.”
Retno Ino, 29, ibu dari Olivia Evangelina Hutagalung, 9 bulan.

Awali dengan Istirahat
“Rasa mual merupakan pemicu bumil pilih-pilih makanan. Karenanya, cobalah beristirahat atau tidur terlebih dahulu sebelum makan. Hal itu akan mengurangi rasa mual, sehingga nafsu makan pun muncul.”
Siska Akmelinda, 28, ibu dari Althaf Abiyu Farras, 8 bulan.



Dukungan Suami
“Dukungan suami sangat penting untuk membuat bumil nyaman mengonsumsi asupan apa pun. Saat hamil, suami sering menyuapi saya. Hasilnya, saya jadi 'pemakan segala'. Haha.”
Utia Maharani, 28, ibu dari Zafa, 6 bulan.



Bervariasi
“Variasikanlah makanan Anda. Jika biasanya sayuran hanya ditumis, cobalah kini mengolahnya menjadi tempura atau membuat jus sayuran yang dicampur kacang hijau.”
Marta Irawati, 29, ibu dari Mikhael Nathan Putra Pratama, 2.
(Disi/DMO)



Tags: picky eating,   pilah-pilih makanan,   kehamilan