Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 20 Mei 2013 / Redaksi

Melatih Rasa dan Kepekaan Balita 1-2 Tahun

Di usia ini, Si Kecil sudah mulai aktif bergerak. Daya penglihatannya pun meningkat secara dramatis saat ia bisa merangkak atau berjalan berkeliling untuk bereksplorasi. Nah, ajaklah ia bermain ciluk-ba saat usianya menginjak 16 bulan.

Si Kecil pun mulai belajar berbicara dengan mendengarkan langsung percakapan orang lain. Suara adalah hal yang paling penting dalam kehidupan sosial Si Kecil. Jadi, semakin banyak Anda berbicara pada anak Anda, akan semakin cepat pula ia belajar berkomunikasi dengan orang lain.

Balita Anda juga sedang menikmati berbagai rasa makanan. Jadi, jangan heran jika ia menolak beberapa jenis makanan yang tidak disukainya. Hal itu terjadi karena ia sudah memiliki selera apa yang disukai ataupun tidak disukainya.
Kegiatan mandi juga akan menjadi kesempatan baik bagi anak-anak untuk bereksplorasi.





Ajari anak Anda perbedaan panas dan dinginnya suhu air. Ajak ia bermain air dan saling menyentuh kulit saat mandi. Sekitar usia 18 bulan, ia pun sudah dapat pergi sendiri ke toilet. Di usia ini, ia sudah bisa merasakan dan menunjukkan ekspresi tak nyamannya ketika popoknya basah dan terasa berat. (Aulia/dok.M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Tumbuh Bersama Si Kakak di Usia 2-3 Tahun

Tumbuh Besar Bersama Si Kakak di Usia 1-2 Tahun

Aksi Makan Anak Usia 2-3 Tahun

OTHER ARTICLES

Moms, Ini Cara Membuat Anak Menjadi Si Happy Eater

Postnatal Anxiety, Takut Berlebih Ibu Baru pada Bayinya

Saat Anak Tidak Mau Lepas dari Ibunya, Mesti Bagaimana?

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bagaimana Mengatasi Perbedaan Pandangan soal Anak?