Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 14 Mei 2013 / Redaksi

Tumbuh Besar Bersama Si Kakak di Usia 1-2 Tahun

Tak terasa Si Kecil Anda sudah genap berusia 1 tahun, ia pun semakin besar. Ia begitu menikmati segala sesuatu yang dilakukannya bersama Si Kakak. Sayangnya di usia ini, Si Kecil belum mengerti konsep berbagi dan ia masih sangat posesif terhadap barang-barang miliknya. Ia mungkin akan menjadi agresif jika mainannya dipegang oleh orang lain, termasuk Si Kakak. Ia pun akan mudah frustasi bila tak mendapatkan apa yang ia inginkan. Ia bisa saja menyakiti  kakaknya dengan mencakar atau memukul. Ia belum mengerti jika akibat tindakannya itu, Si Kakak akan merasa kesakitan, karena ia belum pernah merasakannya.
Sangat penting bagi Si Kecil untuk mengerti bahwa orang lain memiliki perasaan. Untuk memahami hal ini, butuh waktu beberapa tahun sebelum ia dapat sungguh-sungguh bersimpati pada orang lain. Ajari hal ini sejak dini dengan memberinya banyak cinta, karena hal itu akan membuatnya dapat memberi kasih sayang kepada orang lain. Bahkan, meski ia belum merasakan emosi itu secara benar, ia akan senang menirunya dari Anda.
Si Adik mungkin tidak selalu mau atau tertarik untuk bermain bersama Si Kakak, khususnya jika ia sedang merasa lelah dan lapar. Namun jangan khawatir, karena hal ini hanya berlangsung sementara, karena sebentar saja ia sudah mencari-cari Si Kakak untuk mengajaknya kembali bermain. (Aulia/doc.M&B)



 

 


OTHER ARTICLES

Cegah Alergi dengan Jaga Kebersihan Udara di Rumah

Tips Memilih dan Mengonsumsi Susu UHT yang Aman

Pentingnya Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak

Moms Perlu Tahu, Masalah Sendi pada Anak

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan