Mother&Baby Indonesia
Tip Merawat Gigi Si Kecil

Tip Merawat Gigi Si Kecil

“Merawat  gigi Si Kecil sebaiknya dimulai sejak ia baru lahir,” ujar Fred Ferguson, D.D.S, profesor spesialis gigi anak dan orthodentist dari Universitas Stony Brook, dikutip dari situs www.aboutsmile.com. Hal ini karena penyakit dan kelainan gigi pada anak bisa menjadi salah satu penyebab gangguan pada proses tumbuh-kembangnya. Berikut panduan merawat gigi Si Kecil mulai usia 0-24 bulan:

3.0- 6 Bulan
Bersihkan gusi dan lidah Si Kecil dengan menggunakan kain kasa atau kain biasa yang lembap, 2-3 kali sehari, terutama setelah Si Kecil diberi ASI atau susu.

1.7 - 12 Bulan
gigi susu Si Kecil sudah mulai tumbuh, tetap bersihkan dengan kain lembap. Ingatlah untuk membersihkan setiap permukaan gigi dan batas antara gigi dan gusi secara teliti karena seringkali sisa makanan tertinggal di permukaan itu. Baru setelah gigi gerahamnya tumbuh, Anda bisa menggunakan sikat gigi kecil dengan permukaan lembut dari bahan nilon untuk membersihkannya. Jangan gunakan pasta gigi, cukup dengan air saja. Jangan lupa untuk membasahi terlebih dahulu sikat gigi dengan air supaya tidak melukai gusi Si Kecil. Setelah 6 bulan sejak gigi pertama muncul, lakukan kunjungan perdana ke dokter gigi atau bisa juga saat Si Kecil sudah berusia 1 tahun.





13 - 24 Bulan
Nah, sekarang Anda sudah boleh memperkenalkan pasta gigi yang mengandung fluoride pada Si Kecil. Tetapi sebaiknya digunakan sedikit saja, yaitu seukuran sebutir kacang hijau. Sikat gigi Si Kecil setidaknya 2 kali sehari yaitu sehabis makan pagi dan sebelum tidur di malam hari. Supaya ia tidak malas menggosok gigi, jadilah teladannya dengan rajin menggosok gigi dan rutin periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. (Karina/Dok. M&B UK)



Tags: gigi susu,   dokter gigi










Cover Mei-Juni-Juli 2020