Mother&Baby Indonesia
Bila Anak Tidak Mengenal Ayahnya

Bila Anak Tidak Mengenal Ayahnya

Memiliki pasangan yang bekerja di luar kota, bahkan sering tidak pulang hingga berbulan-bulan memang bukanlah hal mudah untuk Anda jalani sebagai seorang ibu. Namun, keadaan ini juga dapat berdampak pada psikis Si Kecil  Yang paling mengkhawatirkan adalah ketika Si Kecil mulai tidak mengenal dan takut dengan sosok Sang Ayah. Lalu, bagaimana sebaiknya Anda bersikap?

Saat usia 6-8 bulan, bayi mulai mengenal detail wajah orang-orang di sekitarnya. Kecemasan pun mulai timbul bila ia menghadapi wajah asing yang tidak dikenalnya. Bila sebelumnya ia tampak tidak peduli siapa yang menggendongnya, maka kini ia mulai bisa memilih untuk digendong oleh orang yang dikenal dan menolak digendong oleh wajah yang tidak dikenal.

Saat usia 1 tahun, ia akan mulai mengenali wajah ayahnya. Karena pasangan Anda jarang berada di rumah, maka wajar saja jika ia menolak. Anda tidak perlu berkecil hati, masih banyak kesempatan untuk mengadaptasikan kehadiran Sang Ayah dalam kehidupan Si Kecil. Perlihatkanlah foto wajah Sang Ayah sesering mungkin. Siapkan pula foto Anda sekeluarga, bersama pasangan dan juga Si Kecil. Tunjukkan foto tersebut, lalu perkenalkan dengan menyebutkan nama masing-masing anggota keluarga yang tampak di dalam foto tersebut, sehingga lambat-laun Si Kecil akan mengerti.





Jika pasangan Anda sedang berada di rumah, tunjukkan padanya bahwa ayah juga bagian dari anggota keluarga. Misalnya, dengan banyak melakukan kegiatan bersama, seperti makan malam bersama, jalan-jalan, dan bercengkerama bersama di tempat tidur. Lakukan interaksi sebanyak mungkin yang melibatkan diri Anda, pasangan, dan Si Kecil, seperti bermain bola ataupun berenang bersama. (Aulia/dok.M&B)



Tags: parenting,   bonding ayah anak










Cover April 2020