Home - Balita - Berita Tentang Balita / 8 Mei 2013 / Redaksi

Tip Atasi Sibling Rivalry

Pernahkah Anda mendapati Si Kakak dan Si Adik bertengkar dan saling cemburu? Ya, 'saingan' di antara saudara kandung atau sibling rivalry memang lazim terjadi. Setelah sekian lama Si Kakak menjadi pusat perhatian Anda dan pasangan, tiba-tiba ia merasa disaingi dengan lahirnya Si Adik. Tingkahnya pun mulai menjadi-jadi, mulai dari sulit tidur sampai tak mau makan. Sebenarnya, di saat-saat seperti itu, ia justru sangat membutuhkan Anda. Apa yang ia lakukan adalah reaksi normal karena ia merasa perhatian untuknya berkurang.
Berikut tip M&B yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kecemburuan Si Kakak:
1.Biarkan ia bertingkah seperti bayi. Setelah aksi cari perhatiannya mereda, berilah ia pengertian bahwa ia tidak perlu bertingkah seperti itu jika ingin mendapatkan pelukan dan ciuman dari Anda.
2.Tunjukkan kelebihan dan keuntungan menjadi anak yang sudah besar. Misalnya, katakan bahwa ia beruntung karena bisa makan es krim, sementara adiknya tidak.
3.Ajari Si Kakak mengeluarkan amarahnya dengan cara yang positif. Ketimbang membanting mainan, lebih baik mencoret-coret di kertas gambar saja!
4.Agar Si Kakak tidak merasa diabaikan, libatkan ia dalam kegiatan Si Adik. Anda dapat meminta tolong untuk menjaga atau mengambilkan bedak Si Adik. Ia pun akan senang karena merasa dilibatkan dan dibutuhkan.
5.Jangan ubah rutinitas yang biasa Anda dan Si Kakak lakukan. Bila biasanya Anda membacakan dongeng sebelum tidur, jangan hilangkan kebiasaan tersebut hanya karena Anda harus menidurkan Si Adik. Berbagi tugaslah dengan suami agar Si Kakak tidak merasa dibedakan. (Aulia/doc.M&B)



 

 


OTHER ARTICLES

Belanja Seru dan Berburu Ilmu di M&B Fair 2019 Makassar

Berbagi Ilmu dan Keceriaan di Mother&Baby Fair Makassar

Momo Market " Future Culture"

Awas, TBC Bisa Mengancam Balita Anda, Moms!

4 Hal yang Ganggu Rutinitas Bayi dan Cara Mengatasinya