Mother&Baby Indonesia
Melatih Kepekaan Mata Bayi 3-6 Bulan

Melatih Kepekaan Mata Bayi 3-6 Bulan

Mata merupakan salah satu organ krusial dalam membantu perkembangan fisik, mental, dan emosional. Dengan mata, setiap bayi mampu menyerap banyak informasi dari lingkungan sekitarnya. Indra penglihatan bayi diketahui berkembang pesat pada saat usianya memasuki 6-8 bulan. Saat itulah, fungsi kepekaan matanya hampir menyerupai mata orang dewasa.

Menjelang usia 4 bulan, saraf-saraf otak yang berhubungan dengan mata bayi mulai berfungsi dan mengembangkan persepsi tentang apa yang dilihatnya. Namun, ia belum mampu menangkap objek dengan jelas, baik dari segi ukuran, bentuk, hingga posisi objek. Oleh sebab itu, ia akan menggunakan tangannya untuk merasakan dan memastikan keberadaan apa yang ia lihat.

Semakin bertambah usia bayi Anda, khususnya di usia 5-6 bulan, kepekaan matanya semakin baik dalam melihat garis dan pola ataupun struktur suatu benda. Ia pun mulai memahami gradasi warna yang berbeda. Bayi Anda juga mulai banyak mengerti tentang benda-benda di sekitarnya, baik yang bergerak maupun yang diam. Oleh sebab itulah, mengapa di usia ini, ia sangat menyukai permainan ciluk-ba. Anda bisa mulai memperkenalkannya dengan warna pastel dan warna terang untuk melatih kepekaan matanya terhadap objek atau benda di sekitarnya. (Anggita/dok.M&B)







Tags: mata bayi,   tumbuh kembang