Mother&Baby Indonesia
5 Langkah Mencukur Bayi

5 Langkah Mencukur Bayi

Olesi Sabun

Basahi tangan Anda dengan air. Oleskan setetes sabun bayi pada bagian atas kepala Si Kecil hingga sedikit berbusa. Mulailah mencukur dari bagian poni ke arah belakang kepala dengan gerakan satu arah.


Cukur Sisi Kiri dan Kanan

Selanjutnya, cukur rambut di bagian samping kiri dan kanan kepala Si Kecil. Saat melakukan langkah ini, sebisa mungkin miringkan tubuh Si Kecil. Namun tak perlu dipaksakan bila ia lebih nyaman terlentang.


Baringkan Si Kecil

Baringkan Si Kecil dalam posisi tengkurap. Basahi lagi kepala Si Kecil dengan sampo bayi yang sudah dicampur dengan air hingga sedikit berbusa. Regangkan lipatan kulit kepalanya sebelum mencukur. Kemudian, cukur rambut di bagian belakang kepalanya dengan gerakan satu arah dari atas kepala ke arah tengkuk.


Siapkan Air Hangat

Siapkan air hangat. Gendong Si Kecil dengan satu tangan, sementara tangan yang lain membilas kepala Si Kecil dengan air hangat. Beri sedikit sampo, lalu bilas hingga bersih.


Mengeringkan Kepala

Keringkan kepala Si Kecil dengan handuk bersih. Taburkan bedak bayi ke telapak tangan Anda, lalu aplikasikan ke kepala Si Kecil.


Kebanyakan masyarakat Indonesia percaya, mencukur rambut bayi hingga habis akan membuat rambut bayi tumbuh lebat. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar namun tetap, membotaki bayi memberikan manfaat positif. Menurut Dr. Irwan Effendi, M.Biomed. Sp.A di situs www.dokteranakku.com, ketika lahir, kulit kepala bayi masih membawa lemak dari rahim ibu dan hanya dapat dibersihkan dengan cara mencukur rambutnya. Dengan mencukur rambut, Si Kecil akan merasa sejuk. Mencukur juga akan memudahkan dokter untuk memeriksa ada atau tidaknya gangguan pada kulit kepala bayi. Mencukur rambut newborn cukup mudah, sehingga dapat Anda lakukan sendiri di
rumah.

Penting untuk diingat:

Untuk Si Kecil yang panjang rambutnya melebihi 2 cm, potong rambutnya terlebih dahulu dengan gunting agar rambut lebih mudah dicukur. Gunakan alat cukur yang memiliki bantalan moisturizer strips yang lebih aman dan lembut untuk kepala bayi. Bila terjadi luka, keringkan bagian yang terluka dengan handuk bersih, lalu tetesi dengan cairan antiseptik untuk menghindari terjadinya infeksi. Ikuti langkah-langkah mudah dan tip M&B berikut ini. (susan/dok.M&B)







Tags: mencukur bayi,   bayi,   rambut bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020