Home - Bayi - Berita Tentang Bayi / 8 April 2013 / Redaksi

Teknik Dasar Memijat Bayi

Pijatan bermanfaat untuk meredakan merelaksasi pikiran dan otot yang kaku. Tidak hanya orang  dewasa, bayi juga perlu pijatan untuk membuat tubuhnya rileks.

Pijatan untuk bayi dapat melancarkan peredaran darah, saluran pernapasan, dan kualitas tidur yang baik. Berikut teknik pijat sederhana dilansir babycentre.co.uk yang dapat Anda coba.

1. Kaki
Gunakan minyak telon untuk memijat Si Kecil. Pertama. baluri minyak telon dari paha Si Kecil, tarik perlahan hingga ke ujung kaki, seperti gerakan memerah susu, pijat dengan lembut. Untuk pergelangan kaki, putar dengan lembut dan perlahan bagian pergelangan kaki sampai jari kaki. Ulangi beberapa kali dan putar kaki ke segala arah. Di bagian telapak kaki, pijat lembut seluruh bagian bawah kedua kaki Si Kecil dengan ibu jari Anda.



2. Lengan
Sama halnya dengan teknik memijat kaki, pijat perlahan dengan gerakan memerah susu dengan dari ketiak sampai ke pergelangan tangan. Kemudian, lakukan gerakan memutar pergelangan tangannya dengan lembut beberapa kali ke segala arah. Untuk telapak tangannya, pijat seluruh bagian telapak tangan Si Kecil dengan ibu jari Anda, seperti gerakan pijat pada telapak kaki. Anda juga bisa memijat jarinya dengan menarik jari Si Kecil satu-persatu dengan perlahan, lalu genggam jari-jari kecilnya dan lakukan pemijatan dari pangkal ke ujung jari dengan lembut.

3. Dada dan Perut
Tempatkan kedua tangan Anda di dadanya. Kemudian, usap lembut dadanya perlahan dengan kedua telapak tangan Anda. Ulangi beberapa kali. Selanjutnya, tempatkan satu tangan Anda di bagian atas perutnya, usap dengan lembut hingga ke arah pangkal pahanya. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali.



4. Bagian punggung
Balikan bayi Anda dalam posisi tengkurap, gunakan ujung jari Anda untuk memijat lembut di kedua sisi tulang belakang dari leher sampai ke pantat. Kemudian, pijat lembut dari bahu bagian belakang sampai ke kakinya.

Usai memijat, kenakan popok yang nyaman, dan berikan ASI untuk membuatnya tertidur pulas. Hindari memijat bayi saat sebelum dan setelah makan, atau ketika ia sedang ingin tidur siang. (Aulia/dok.M&B)

 

 


OTHER ARTICLES

Waspada! Ini Bahaya Memakaikan Perhiasan pada Bayi

Ingin Mendonorkan Darah? Ini yang perlu Anda Perhatikan

Tren Fashion Terkini untuk Si Kecil

Bagaimana Meyakinkan Orang Tua dengan Pola Asuh Kini?

Ibu Hamil Donor Darah? Ini Risikonya!