Mother&Baby Indonesia
PCOS, Masalah Kesuburan Wanita

PCOS, Masalah Kesuburan Wanita

Menurut dr. Marilyn Glenville ahli di bidang kesehatan reproduksi dari Inggris, gaya hidup modern banyak mengubah perilaku seseorang dan menyebabkan merebaknya masalah kesuburan.

Salah satu masalah yang perkembangannya cukup signifikan adalah Polycystic ovary syndrome (PCOS). PCOS merupakan kondisi ovarium yang tidak dapat menghasilkan folikel (gelembung sel terlur) yang dominan dan besar.

Hal tersebut memungkinkan terjadinya kesulitan pembuahan. Bila terjadi pembuahan, maka kecenderungan keguguran pun lebih besar.
PCOS lebih rentan dialami oleh wanita yang memiliki berat badan berlebih.



Sementara untuk gejala yang sering terjadi adalah banyaknya jerawat yang bermunculan, tumbuh rambut tebal di bagian wajah, payudara, dan kaki, lalu mood yang kerap berubah-ubah, serta datang bulan yang tidak teratur.



PCOS dapat disembuhkan dengan terapi yang berhubungan dengan pola hidup sehat. Dokter Glenville menyarankan, konsumsi vitamin B atas saran dokter sangat membantu pemulihan kinerja folikel.

Selain itu, ia juga menyarankan para wanita dengan PCOS untuk diet kopi atau minuman dengan kafein tinggi, dan konsumsi rendah lemak dan karbohidrat. Olahraga teratur minimal satu jam sehari juga dapat mempercepat pemulihan tubuh. (anggita/visualphotos)



Tags: pcos,   masalah kesuburan wanita,   kesuburan








Related Article