Home - Kehamilan & Persalinan - Kesuburan / 12 April 2013 / Redaksi

Gejala Awal Kehamilan

Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda sedang di awal kehamilan atau tidak. Untuk memastikannya, berikut adalah beberapa pendapat ahli untuk mengamati gejala awal kehamilan.

1. Kelelahan

Menurut Gil Gross, MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di Washington University School of Medicine, kelelahan mungkin merupakan tanda yang paling umum dialami bumil di awal kehamilan.



Hindari konsumsi kafein yang berlebih untuk mengatasi kelelahan. Buat tubuh Anda rileks dan luangkan waktu untuk beristirahat dengan baik.

2. Nafsu Makan Berkurang

Ketika berjalan melewati restoran fast food atau junk food, hasrat ingin makan Anda berkurang drastis. Banyak wanita yang melaporkan bahwa rasa enggan terhadap makanan secara intens merupakan salah satu gejala awal kehamilan. Menurut Donnica Moore, MD, pakar kesehatan wanita di Far Hills, NJ, hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon beta-hCG.

3. Peka Terhadap Bau

Aroma yang tidak sedap, seperti asap rokok atau bahkan parfum pasangan Anda dapat membuat Anda mual selama gejala awal kehamilan. Menurut Dr. Moore, hal ini mungkin akibat dari meningkatnya kadar hormon. Cara yang dapat Anda lakukan adalah menghindari sumber bau tersebut, terutama asap rokok yang tidak baik bagi Anda dan si jabang bayi.

4. Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan salah satu indikasi pertama yang identik dengan kehamilan. Jika Anda benar-benar hamil, gejala mual dan muntah ini biasanya akan berlangsung selama 19 minggu. Menurut Dr. Moore, gejala ini justru menunjukkan bahwa janin sedang berkembang. Jangan biarkan perut Anda kosong. Sediakan camilan sehat dan konsumsi cemilan di pagi hari. Perbanyak frekuensi makan sepanjang hari dan camilan sebelum tidur juga membantu. Anda bisa mengonsumsi permen rasa lemon dan peppermint untuk mengurangi rasa mual. Jika Anda sering muntah, konsultasikan dengan dokter Anda segera.



5. Payudara Bengkak

Menurut Dr. Gill Gross, perubahan payudara mungkin adalah tanda awal kehamilan. Anda perlu mempersiapkan bra yang lebih besar dari ukuran Anda biasanya. Sport bra jugabisa menjadi pilihan yang tepat saat Anda mulai merasakan perubahan pada payudara Anda

6. Sering buang air kecil

Xavier Pombar, DO, seorang dokter kandungan Rush University Medical Center di Chicago mengatakan, pada awal kehamilan rahim tumbuh dan mendorong kandung kemih. Hal ini memicu dorongan untuk buang air kecil lebih sering. Tidak ada cara untuk menghindari hal ini, tapi pergi ke kamar mandi sebelum tidur dapat mengurangi frekuensi buang air kecil pada malam hari.

7. Sesak Nafas

Beberapa wanita merasa agak sesak napas ketika mereka mengalami kehamilan pertama. Menurut Pombar, Anda membutuhkan oksigen lebih banyak untuk mendukung perkembangan janin. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda khawatir atau jika Anda mendadak sesak napas saat tidak beraktivitas, sakit saat bernapas, sesak napas bertambah parah ketika Anda berbaring. Hal tersebut bisa menjadi indikasi yang lebih serius.

8. Perubahan Fisik

Masih menurut Pombar, selalu periksa perubahan warna pada vagina dan kelembutan pada leher rahim Anda kepada dokter ahli untuk mengidentifikasi perubahan otot panggul. Selain tes-tes tersebut, tes kehamilan memang cara untuk mengetahui kepastian kehamilan Anda. (Aulia/motherandbabypicturelibrary)
 

 

 


OTHER ARTICLES

Waspada! Ini Bahaya Memakaikan Perhiasan pada Bayi

Ingin Mendonorkan Darah? Ini yang perlu Anda Perhatikan

Tren Fashion Terkini untuk Si Kecil

Bagaimana Meyakinkan Orang Tua dengan Pola Asuh Kini?

Ibu Hamil Donor Darah? Ini Risikonya!