Mother&Baby Indonesia
Antibiotik Alami, Coba Ini..

Antibiotik Alami, Coba Ini..

Saat infeksi yang disebabkan oleh bakteri menyerang salah satu bagian tubuh Anda, biasanya dokter memberikan antibiotik untuk memperlambat pertumbuhan bakteri. Namun, pemakaian antibiotik dalam dosis tertentu bisa menimbulkan kekebalan bakteri atas antibiotik. Salah satu cara mengurangi penggunaan antibiotik adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis bahan pangan yang secara alami memiliki zat antibiotik. Berikut adalah daftar bahan yang bisa Anda coba:

1. Bawang
Baik bawang merah maupun bawang puti, bisa Anda gunakan sebagai antibiotik. Aroma tajam yang dikeluarkan bawang merah merupakan hasil dari penguapan zat sulfur. Zat sulfur yang terkandung dalam bawang merah itulah, yang merupakan antibiotik alami untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Sementara bawang putih, terkenal khasiatnya untuk berbagai penyembuhan termasuk kanker, karena kandungan zat alicin di dalamnya.

2. Teh hijau
Meskipun kandungan antibiotik dalam teh hijau tidak terlalu banyak, namun menurut para peneliti, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengurangi gejala resistensi bakteri pada tubuh.





3. Madu
Madu memiliki begitu banyak manfaat kesehatan. Zat yang berperan sebagai antibiotik adalah hydrogen peroxide, yang bisa memperlambat kinerja bakteri, baik dari luar maupun dalam tubuh bakteri itu. (anggita/freedigitalphotos)



Tags: nutrisi,   bawang,   teh hijau,   madu,   sulfur,   antioksidan,   hydrogen peroxide