Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 11 April 2013 / Redaksi

Manfaat Mandi Pagi

Mandi pagi bukan sekadar menyegarkan tubuh di pagi hari. Fakta mengungkapkan bahwa mandi pagi memiliki beberapa manfaat pada kesehatan, baik menggunakan air dingin maupun air hangat. Berikut 7 manfaat mandi pagi bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Air hangat yang kita gunakan saat mandi pagi ternyata baik untuk sirkulasi darah, serta dapat mengendurkan ketegangan pada otot dan sendi. Ini kabar baik untuk Anda yang mempunyai masalah pada bahu yang kaku. Selain itu, mandi pagi juga dapat merangsang proses penyembuhan pada penyakit, meredakan nyeri, dan mengurangi peradangan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Mandi pagi merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih, yang bertugas melindungi tubuh terhadap serangan virus dan penyakit.



3. Menurunkan Risiko Stres
Jika saat terbangun di pagi hari jantung Anda berdebar, itu menandakan Anda sedang dalam keadaan stres. Cobalah mandi pagi dengan air dingin. Air dingin dapat memberi oksigen yang cukup ke otak yang dapat mengurangi stres.

4. Meringankan Batuk
Hidupkan air panas di dalam kamar mandi Anda, dan tutup pintu kamar mandi Anda selama beberapa menit sebelum Anda masuk. Setelah Anda masuk, uap dari air panas yang memenuhi kamar mandi akan membantu Anda mengeluarkan dahak dan lendir dalam hitungan menit. Anda juga dapat membalurkan minyak kayu putih di kulit Anda untuk hasil yang maksimal.



5. Meningkatkan kesuburan
Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, ajak suami Anda mandi air dingin setiap pagi. Sebuah penelitian terbaru dari University of California menunjukkan bahwa produksi sperma pria akan meningkat secara signifikan setelah mandi pagi dengan air dingin selama seminggu, sementara mandi air panas memiliki efek sebaliknya. Mandi air dingin juga dapat memicu produksi testosteron dan meningkatkan hormon yang mendorongan seksual pada pria.

6. Pemanasan
Manfaat mandi pagi dengan air hangat sama seperti aktivitas gym atau streching, yaitu mengendurkan otot kaku Anda setelah tidur malam.

7. Menyehatkan Rambut
Mandi pagi dengan air dingin dapat memperkuat akar rambut dan melindungi kutikula rambut Anda. Sebaliknya, mandi dengan air yang panas dapat merusak dan membuat rambut tampak kusam.(Aulia/freedigitalphotos)

 

 


RELATED ARTICLE

Waspada Diet Anak Usia Dini

OTHER ARTICLES

Waspada! Ini Bahaya Memakaikan Perhiasan pada Bayi

Ingin Mendonorkan Darah? Ini yang perlu Anda Perhatikan

Tren Fashion Terkini untuk Si Kecil

Bagaimana Meyakinkan Orang Tua dengan Pola Asuh Kini?

Ibu Hamil Donor Darah? Ini Risikonya!