Mother&Baby Indonesia
Waspada Diet Anak Usia Dini

Waspada Diet Anak Usia Dini

Seorang ibu di Australia, Amy Cheney, terkejut menemukan sebuah catatan "List Diet" dengan tulisan tangan tergeletak di lantai kamar putrinya yang berusia tujuh tahun.

Dalam tulisannya, gadis kecil tersebut membiarkan dirinya membatasi asupan makanannya sehari-hari. Dengan gaya tulisannya yang polos, ia menulis daftar asupan layaknya orang dewasa yang sedang melakukan program diet, seperti "Appals" (Buah Apel), "keewee" (Buah Kiwi), dan "yoget" (Yogurt).

Selain buah, putri kecilnya juga menulis daftar latihan fisik, seperti push up dan bersepeda 3 kali sehari. Menurut Amy, putrinya telah belajar tentang diet dari seorang temannya yang juga berusia 7 tahun.



Keputusan gadis berusia tujuh tahun tersebut untuk menjalani program diet setelah mendengarnya dari seorang teman ternyata bukan lagi hal yang mengejutkan. Menurut sebuah studi terbaru dari Texas A&M, persaingan antar teman dapat memengaruhi persepsi negatif tentang tubuh mereka. Sedangkan, sebuah studi tahun 2009 dari University of Florida juga menemukan bahwa dari 121 anak perempuan berusia 3 sampai 6 tahun, hampir setengahnya mengakui bahwa mereka khawatir menjadi gemuk.



Selain itu, ada juga kasus yang menunjukkan tanda-tanda anoreksia pada anak usia dini. (Aulia/doc.freedigitalphotos)



Tags: diet anak,   bahaya diet anak,   hasil penelitian kesehatan,   pola makan anak








Related Article