Home - Keluarga - Mother / 30 April 2013 / Redaksi

Pertolongan Jika Anak Tersedak

Tersedak sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Tanda-tanda kalau Si Kecil tersedak antara lain susah bernapas, wajah dan leher memerah, mengeluarkan suara aneh, atau tidak bersuara sama sekali. Saat tersedak, usahakan ia terbatuk, sehingga jalan udaranya tidak tertutup. Tepuk punggung Si Kecil agar ia terbatuk, dan benda yang membuatnya tersedak dapat keluar. Namun, jika cara itu tidak berhasil, segera ikuti langkah berikut.

Untuk bayi di bawah usia 12 bulan:
1. Pegang Si Kecil dengan wajah mengarah ke bawah di atas lengan bawah Anda dengan posisi kepala lebih rendah. Lalu hadapkan wajahnya ke atas di lengan atau pangkuan Anda. Buka mulutnya pelan-pelan, masukkan dua jari Anda di atas lidahnya. Kalau terlihat sesuatu, keluarkan dengan buku jari kelingking Anda. Hati-hati, jangan sampai menyentuh tenggorokannya.
2. Kalau tidak berhasil, tengadahkan wajahnya ke atas di pangkuan Anda dengan posisi kepala lebih rendah. Tekan bagian tengah dada, tepat bagian bawah putting susunya, dengan dua ujung jari Anda. Lakukan lima kali tekanan ke bagian dada. Periksa lagi mulutnya.
3. Kalau benda yang tertelan belum keluar juga, segera hubungi dokter. Ulangi langkah 1 dan 2 sampai bantuan tiba.

Untuk balita atau anak-anak:
1. Paksa Si Kecil untuk batuk supaya benda yang tertelan keluar. Jika tidak bisa batuk, bungkukkan ia ke depan dengan kepala di bawah. Tepuk punggungnya keras-keras sebanyak lima kali. Periksa mulutnya. Segera keluarkan benda yang ada di mulutnya, tapi jangan sentuh tenggorokkannya.
2. Berdiri di belakang Si Kecil, buat kepalan tinju dan letakkan di tengah bagian bawah tulang dadanya. Genggam kepalan tinju itu dengan tangan yang lain. Tekan dadanya dengan keras ke arah dalam dan atas sebanyak lima kali. Periksa mulutnya lagi. Jika langkah ini gagal, berdiri di belakang Si Kecil,  lalu buat kepalan tinju dengan satu tangan dan letakkan di atas perutnya, tepat di atas pusar dan di bawah tulang dadanya. Genggam kepalan tinju itu dengan tangan yang lain dan tekan dadanya dengan keras ke arah dalam. Ulangi lima kali, dan periksa mulutnya.
3. Segera hubungi dokter bila tidak membaik. Ulangi langkah 1 dan 2 sampai bantuan datang.





(Aulia/doc.M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Mengatasi Polusi di Dalam Rumah

Tip Rumah Aman untuk Anak

OTHER ARTICLES

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Ini Alasan Balita Terobsesi dan Suka Hal yang Sama

Lakukan Ini untuk Membangun Percaya Diri Bayi Anda!

Mengenal 4 Tipe Bayi, Manakah Tipe Si Kecil, Moms?

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an