Mother&Baby Indonesia
Tip Cegah Stres untuk Ayah

Tip Cegah Stres untuk Ayah

Kesibukan para ayah untuk menafkahi anggota keluarga, tak dipungkiri bisa menyebabkan stres.

Walaupun stres merupakan tantangan bagi setiap individu, yang perlu Anda lakukan adalah mencegah stres negatif dengan beberapa cara berikut.

1. Olahraga. Berolahraga secara rutin mampu meningkatkan stamina dan menyegarkan pikiran Anda.



2. Makan dengan porsi seimbang. Stres dan asupan makanan erat kaitannya, yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui makanan yang bisa meningkatkan stres dan membuat daya tahan tubuh menurun. Hindari karbohidrat dan lemak berlebih agar metabolisme tetap terjaga baik.

3. Cukup tidur. Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam sehari untuk beristirahat, terutama tidur di malam hari. Lakukan tidur siang selama 15-30 menit saat Anda benar-benar membutuhkannya di kantor. Hal tersebut sangat efektif mengurangi stres.

4. Tentukan prioritas dan jadilah fleksibel. Tentukan kegiatan berdasarkan tingkat kepentingannya. Selain itu, sikap mudah membaur dan tidak kaku pada lingkungan sosial akan membantu Anda mengurangi stres.

5. Tertawalah untuk kesehatan! Tertawa merupakan salah satu kegiatan untuk membangun mood menjadi lebih baik. Berusahalah tersenyum untuk mengurangi stres. Mendengarkan cerita lucu, menonton film komedi, maupun bercanda dengan teman bisa membuat senyum Anda berkembang.



6. Komunikasi dan selesaikan masalah. Jangan pernah memendam masalah Anda. Minta bantuan orang terpercaya untuk berbagi solusi atas masalah Anda. Tanpa komunikasi yang baik, hanya akan menyulitkan Anda keluar dari masalah.

7. Lembur di rumah saja. Pekerjaan di kantor sering membuat Anda menjadi sulit untuk pulang cepat. Sesekali bawa pekerjaan kantor Anda ke rumah. Sempatkan bercanda dengan anak dan istri. Bersihkan badan dan beristirahat sementara waktu, lalu lanjutkan pekerjaan.

8. Berkencan dengan istri. Ya, sesekali waktu ajak istri Anda ke tempat yang romantis, hanya Anda dan pasangan. Hal ini akan meningkatkan kebahagiaan Anda. Tapi jangan lupa untuk menitipkan Si Kecil pada orang terpercaya, dan penuhi kebutuhannya sebelum pergi.

9. Buat komunitas seru dan perdalam hobi. Teman-teman Anda bisa membuat hidup Anda berwarna. Selain itu hobi yang Anda tekuni juga bisa menghilangkan rasa bosan dalam kehidupan sehari-hari.

10. Volunteering. Tak perlu diragukan lagi, menolong seseorang yang membutuhkan adalah hal yang mampu membuat Anda merasa bersyukur. Menolong tidak selalu berupa materi, tetapi juga tenaga dan pikiran. (anggita/freedigitalphotos.net)



Tags: cegah stres,   ayah,   olahraga,   porsi makan seimbang,   cukup tidur,   kesehatan,   lembur di rumah,   voluntee








Cover September 2019

Related Article