Home - Balita - Berita Tentang Balita / 12 April 2013 / Redaksi

Kepribadian Anak dan Urutan Lahir

Keyakinan yang berkembang di masyarakat, sudah banyak mengaitkan urutan lahir dengan kepribadian anak, misalnya anak bungsu diyakini manja, begitu juga anak pertama, biasanya dewasa dan mandiri.

Berikut beberapa keyakinan terkait urutan lahir, baik yang sudah dibuktikan secara ilmiah maupun belum, dikutip dari Today.com.

1. Anak pertama berbakat jadi presiden
Fakta menunjukkan, lebih dari setengah Presiden Amerika Serikat adalah anak pertama. Para psikolog mengatakan hal ini berhubungan dengan kecenderungan anak tertua untuk secara alami menumbuhkan jiwa kepemimpinan.



2. Anak tengah suka menyimpan rahasia
Pakar mengatakan, anak tengah cenderung mendapat perhatian lebih dibanding anak pertama dan anak bungsu. Hal ini menyebabkan mereka jadi cenderung lebih banyak menyimpan sesuatu untuk dirinya sendiri, yang kadang bertujuan untuk menghindari kecemburuan adik dan kakaknya.

3. Anak bungsu susah atur keuangan
Selain kurang bertanggung jawab terhadap keuangannya sendiri, anak bungsu cenderung ingin menjadi pusat perhatian, dengan pembawaan yang lucu dan menyenangkan. Faktanya, ada sejumlah artis terkenal yang merupakan anak bungsu dan terkenal kocak serta menyenangkan, salah satunya komedian Jim Carrey.



4. Anak tunggal lebih cepat dewasa
Karena tumbuh tanpa pesaing, anak tunggal cenderung lebih cepat dewasa dibanding usianya. Anak tunggal juga memiliki banyak kesamaan sifat dengan anak tertua, yakni perfeksionis, ambisius, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

5. Pola asuh orang tua dipengaruhi urutan lahirnya juga
Disengaja atau tidak, orangtua cenderung memberi perlakuan berbeda pada anak yang urutan lahinya sama dengannya. Selain itu, orangtua yang merupakan anak pertama di keluarganya, akan lebih perfeksionis dalam menetapkan standar bagi anak-anaknya. Bagaimana pendapat Anda mengenai penelitian ini? (rosa/mother&baby)

 

 


OTHER ARTICLES

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bayi Kena Heatstroke, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Waxing?

Kembali Bekerja Usai Melahirkan, Lakukan Ini, Moms

Apa Dampak Kekurangan Vitamin D saat Hamil?