Mother&Baby Indonesia
Tanyakan Dokter Anda

Tanyakan Dokter Anda

 

Ahli kebidanan dan dokter kandunganM&B menjawab keraguan Anda seputar kehamilan dan persalinan.

BENJOLAN DI SAMPING PERUT

T: Pada usia kehamilan enam bulan ini, saya sering merasakan gerakan janin di dalam rahim dan melihat benjolan berbentuk lonjong di perut bagian samping saat meraba perut. Apakah ini efek dari gerakan janin di dalam rahim (mungkin siku atau lutut si calon bayi)?

J: Benar. Benjolan lonjong di bagian perut tertentu itu merupakan bagian dari anggota badan janin saat ia bergerak. Benjolan itu bisa berupa punggung, kepala, kaki, atau siku janin yang bergerak ke arah tertentu hingga menyebabkan kulit perut Anda ikut tertarik ke luar. Lagipula, bila lemak di bawah kulit perut Anda tipis maka akan lebih mudah terlihat dan teraba. Gerakan janin akan terasa lebih kuat seiring dengan makin besarnya ukuran bayi.



KUNING TELUR LANCARKAN PERSALINAN

T: Sejak kandungan menginjak minggu ke-33, saya dianjurkan teman agar meminum kuning telur jika sudah mulai kontraksi. Tujuannya agar lebih mempermudah saat persalinan. Apakah anjuran ini benar?

J: Sampai saat ini, tidak ada bukti ilmiah tentang hal tersebut. Apabila maksud Anda yang dikonsumsi adalah telur mentah, hal itu tidak disarankan untuk dilakukan sebab telur mentah kemungkinan besar sudah terkontaminasi bakteri penyebab berbagai penyakit. Sebaiknya Anda tetap makan dan minum seperti biasa menjelang dan setelah persalinan agar energi Anda cukup selama proses persalinan.



EFEK VAKUM PADA VAGINA

T: Banyak orang bilang, persalinan secara vakum atau forsep bisa menimbulkan efek samping, termasuk pada ibunya. Apakah dua jenis persalinan ini juga berdampak pada bentuk vagina atau panggul setelah melahirkan?

J: Komplikasi yang mungkin terjadi pada persalinan dengan vakum tak berbeda dengan persalinan normal. Sedangkan komplikasi yang bisa saja terjadi pada persalinan dengan forsep adalah cedera pada jalan lahir (vagina). Namun, kedua persalinan ini tidak akan memengaruhi bentuk panggul Anda.



Tags: ask the expert,   dokter kandungan










Cover Mei-Juni-Juli 2020