Mother&Baby Indonesia
Menenangkan Bayi Kolik

Menenangkan Bayi Kolik

Jika bayi Anda menangis lebih dari tiga jam setiap hari selama lebih dari tiga hari dalam seminggu, maka tidak diragukan lagi bahwa ia mengalami kolik. Hal itu disebabkan oleh refluks, angin di perut dan masalah pencernaan lainnya. Kolik akan membuat bayi Anda menjadi sangat cengeng. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Cobalah tip yang diberikan oleh Harvey Karp di bawah ini.

 



1. Membedong

Hal ini akan memberikan kenyamanan pada bayi karena terasa hampir sama dengan kondisi di dalam rahim yang sempit. Gunakanlah selimut yang cukup besar saat membedong bayi Anda. Apabila merasa kesulitan melakukan tehnik bedong, Anda dapat membeli kantung tidur yang sudah dilengkapi dengan instruksi penggunaan. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi bayi setiap beberapa menit untuk memastikan ia tidak kegerahan.

 

2. Membedong di Satu Sisi



Kebanyakan bayi senang digendong di satu sisi karena posisinya sama seperti ketika ia mengambang di dalam rahim. Tengkurapkan ia dengan posisi perut terletak pada lengan Anda, sementara tangan dan kakinya menjuntai bebas.

 

3. Membisikkan Suara Lembut

Ucapkanlah “shhh, shhh, shhh” di telinga bayi Anda untuk menirukan suara yang didengarnya di dalam rahim.

 

4. Mengayun

Ayunkan bayi ke depan dan belakang secara berulang untuk menciptakan suasana nyaman seperti ia masih di dalam rahim.

 

5. Menghisap

Memberikan bayi sesuatu yang dapat dihisap, seperti payudara, botol ataupun jari Anda akan mengurangi kegelisahannya saat mengalami kolik. (Dina/SR/dok.M&B)



Tags: menenangkan bayi kolik