Mother&Baby Indonesia
Tip Menyapih Si Kecil

Tip Menyapih Si Kecil

Menjelang usia 1 tahun, bukanlah masa yang mudah untuk menyapih Si Kecil. Di masa-masa ini, ia akan diarahkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan padat ketimbang ASI. Setelah berkali-kali mencoba, mungkin Anda akan mengalami kegagalan, karena proses ini benar-benar bergantung pada kemauan Si Kecil. Untuk membantu proses menyapih Si Kecil, Anda bisa mengikuti beberapa tip M&B berikut.

 



1.  Tahap satu
Biarkan bayi Anda benar-benar menyelesaikan kegiatan menyusunya, kemudian tawarkan ia seporsi kecil makanan padat. Pada tahap ini, biarkan bayi Anda beradaptasi dengan rasa dan tekstur makanan. Namun, sebagian besar asupan makanannya masih didapat dari ASI.

 

2.  Tahap dua
Setelah bayi Anda mulai makan dengan baik, Anda dapat mulai memberinya lebih dari 1 jenis makanan padat. Pada beberapa waktu, coba tawarkan makanan terlebih dahulu sebelum Anda menyusuinya. Secara perlahan, jadikan hal itu sebagai kebiasaan.



 

3.  Tahap tiga
Pada tahap ini, Si Kecil akan mulai terbiasa dengan tekstur makanan lembut, dan mulai meninggalkan aktivitas menyusunya.

 

Jika Si Kecil belum menunjukkan tanda kesediaannya untuk berhenti menyusu, bersabarlah dan nikmati saja masa ini. Dalam proses mengganti ASI, memang perlu dilakukan secara bertahap. Cobalah cara yang bisa  membuatnya merasa lebih baik, seperti sambil membaca buku bersama-sama, bernyanyi untuknya, dan lain-lain. Anak Anda mungkin masih menyesuaikan diri dengan perubahan ini. Anda masih bisa mencoba di bulan lain, karena cepat atau lambat fase ini akan terjadi. (Aulia/DMO/Dok. M&B)

 

Baca Juga: Saat Tepat Menyapih Si Kecil



Tags: tip menyapih si kecil