Mother&Baby Indonesia
Saat Tepat Menyapih Si Kecil

Saat Tepat Menyapih Si Kecil

Menjelang usia 1 tahun, Si Kecil mulai membutuhkan asupan dari makanan selain ASI, yang dikenal dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Anda bisa memutuskan untuk mulai berhenti menyusui saat Si Kecil menginjak usia 1 tahun. Ini dikenal sebagai masa menyapih bayi dari payudara ibu.

 

Sebenarnya, waktu yang paling tepat untuk mulai menyapih tidak bisa ditentukan. Menurut para ahli, bayi Anda lah yang menentukan kapan ia harus mulai disapih. Jadi, biarkan bayi atau balita Anda yang memutuskan kapan ia ingin berhenti menyusu, dan biarkan itu berjalan secara alami. Idealnya, seorang bayi menyusu sampai berusia 6 bulan, lalu berhenti menyusu saat usianya menginjak 2 tahun. 



 

Menurut Baby Centre, rata-rata seorang ibu hanya akan memakan waktu 1 sampai 6 bulan untuk memutuskan benar-benar berhenti menyusui setelah menyapih bayi. Jika Si Kecil sudah mulai teralihkan dengan makanan pendampingnya, mungkin bisa memakan waktu yang lebih singkat. Namun, setiap bayi membutuhkan proses menyapih yang berbeda, tergantung pada seberapa cepat dan seberapa baik Si Bayi menyesuaikannya.



 

Sebaiknya, hindari menghentikan kegiatan menyusui dengan tiba-tiba, karena dapat mengganggu kenyamanan bayi Anda. Lakukan pendekatan yang bertahap. Saat bayi Anda mulai disapih, pasokan ASI Anda pun akan berkurang, karena kegiatan menyusui yang menurun. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: saat tepat menyapih si kecil,   menyapih bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020