Mother&Baby Indonesia
Apakah Bayi Bermimpi?

Apakah Bayi Bermimpi?

Pernahkah Anda menebak apa yang ada dalam mimpi bayi Anda? Secara psikologis, bayi yang berusia di bawah 1 tahun sebenarnya sudah bisa bermimpi. Namun, mereka belum memiliki gambaran yang jelas. Umumnya, mimpi dialami oleh bayi sekitar usia di bawah 8 bulan.

 

Menurut Dr. Edward Kulich, dokter spesialisasi kebiasaan tidur anak, bayi memang mengalami tidur REM, yaitu tingkatan tidur yang selalu dihubungkan dengan munculnya mimpi. Ia juga menambahkan, aktivitas sehari-hari Si Kecil bisa menjadi objek mimpi mereka.



 

Gambaran mimpi yang sedikit jelas mulai terjadi saat Si Kecil menginjak usia 9 atau 10 bulan, karena ia sudah mulai bisa mengenali lingkungan sekitar. Namun, biasanya gambaran paling jelas yang ada di mimpinya adalah sosok ibu yang tiap hari dijumpainya.

 



Saat Si Kecil terbangun dan menangis pada malam hari, usahakan sebisa mungkin Anda menjadi orang pertama yang ia lihat. Kehadiran Anda akan memberikan efek ketenangan dan kenyamanan baginya.

 

Selain itu, bayi juga kerap bermimpi menyenangkan atau bahkan bermimpi buruk. Dokter Alan Greene, seorang dokter spesialis anak, menambahkan, bayi bisa stres karena rasa sakit, lapar, merasa ditinggal sendirian, serta hal lainnya. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: apakah bayi bermimpi?