Mother&Baby Indonesia
Jangan Biarkan Bayi Tidur Tengkurap

Jangan Biarkan Bayi Tidur Tengkurap

Risiko sudden infant death syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi diketahui semakin meningkat. Kejadian ini banyak menimpa bayi usia 1 bulan hingga 1 tahun tanpa bisa diketahui penyebabnya. Untuk mengurangi risiko SIDS pada bayi Anda, lakukan langkah-langkah berikut ini.

 

- Saat tidur, letakkan bayi pada posisi telentang. Posisi ini dinyatakan paling aman untuk mencegah SIDS dibandingkan posisi tengkurap atau menyamping. Selain itu, jangan letakkan terlalu banyak peralatan, seperti bantal, guling, atau boneka di dalam boks, karena dapat membuat Si Bayi terjebak dan sulit bernapas, terutama jika ia sudah aktif bergerak.



- Pastikan wajah Si Bayi terbebas dari apa pun saat sedang tidur. Gunakan matras bersih sebagai alas tidurnya. Pastikan ia tidur dengan posisi aman dan nyaman. Jangan lupa memeriksa Si Bayi setiap beberapa jam sekali untuk memastikan kondisinya.



- Orangtua yang aktif merokok di masa kehamilan dan setelah bayi dilahirkan dapat meningkatkan risiko SIDS terhadap bayinya. Begitu pula dengan asap rokok yang mengenai bayi di mana pun ia berada, baik saat sedang berada di dalam rumah, mobil, dan tempat umum. (Dina/DMO/Dok. M&B)



Tags: sids,   kematian mendadak pada bayi,   suddent infant death syndrome,   jangan biarkan bayi tidur telungku








Cover Januari - Februari 2020