Mother&Baby Indonesia
Manfaat IMD bagi Ibu dan Bayi

Manfaat IMD bagi Ibu dan Bayi

Inisiasi menyusu dini (IMD) kini semakin marak digiatkan oleh pakar kedokteran, karena manfaatnya yang begitu besar. Mereka pun giat  mengampanyekan kembali IMD untuk dilakukan para ibu setelah melahirkan. Menurut pakar pediatri dan laktasi, dr. Utami Roesli, Sp.A, BCLC, FABM, Anda butuh 1 jam untuk melakukan IMD. Hal ini dilakukan, karena IMD tak sekadar menciptakan bonding, tetapi juga menyehatkan bayi dan ibunya. Berikut adalah beberapa 'keajaiban' yang didapat dari IMD.


1. Lahir ke dunia adalah trauma besar bagi Sang Bayi. Saat di dalam kandungan, air ketuban, detak jantung, dan napas ibu merupakan hal-hal yang menyamankan pikiran dan menghangatkan tubuh calon bayi Anda. Ketika terlahir, bayi seolah kaget dengan kehidupan barunya. Saat IMD, bayi yang diletakkan di dada ibu dapat merasakan 'kehangatan' yang sama seperti dalam rahim ibu.


2. Saat bayi Anda mencoba mencari puting payudara Anda, gerakan kaki dan tubuhnya yang kecil dapat memijat otot-otot Anda yang kendur setelah melahirkan. Hal itu juga dapat mencegah perdarahan berat pasca-persalinan.




3. Flora normal bakteri yang terdapat pada kulit newborn dapat meningkatkan daya tahan tubuh dirinya dan Sang Ibu. Sentuhan kulit antara ibu dan bayi yang berlangsung selama 1 jam juga meningkatkan produksi hormon oksitosin. Bayi Anda merasa bahagia dan produksi ASI pun meningkat.




4. Isapan bayi pada puting payudara mampu merangsang keluarnya ASI. Artinya, di saat tersebut, payudara ibu akan mengeluarkan cairan kolostrum yang berguna bagi Si Bayi. Jadi, IMD tentu tidak diragukan lagi manfaatnya! (Gita/DMO/Dok. M&B)



Tags: inisiasi menyusu dini,   asi,   manfaat imd