Mother&Baby Indonesia
Kehamilan Pengaruhi Ingatan

Kehamilan Pengaruhi Ingatan

Tahukah Anda bahwa kehamilan ternyata dapat memengaruhi daya ingat Si Bumil? Ya, tak jarang dari para bumil tersebut yang seolah-olah menjadi pelupa. Misalnya saja, sejak hamil mereka menjadi lebih sering menaruh barang di tempat yang salah atau tiba-tiba melupakan hal sepele.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti asal Inggris, ternyata   50-80 persen wanita hamil sadar bahwa memori mereka melemah selama hamil. Beberapa di antaranya mengatakan, trimester pertama merupakan saat terburuk dalam ingatan mereka. Sementara itu, yang lainnya mengatakan justru trimester akhirlah yang paling buruk, karena pikiran mereka sudah dipenuhi persiapan persalinan dan pada saat yang sama, mereka pun kurang tidur.


Sebuah penelitian lain di Kanada menunjukkan bahwa masalah yang kerap disebut pregnancy brain ini sudah diketahui sejak zaman pra-sejarah. Profesor Watson, Sang Peneliti, mengatakan bahwa wanita hamil bukannya menjadi lebih pikun atau lemah otaknya, tetapi otaknya memiliki fokus baru, yaitu janin di dalam kandungannya.






Jadi, seperti wanita hamil zaman purba yang hanya fokus pada seisi gua dan tidak peduli pada apa pun di luar gua, Anda mungkin tidak ingat di mana menaruh dokumen milik Sang Bos, tetapi Anda tahu betul kapan terakhir kali janin Anda menendang. (Gita/DMO/Dok. M&B)



Tags: ingatan,   memori,   masalah kehamilan,   kehamilan pengaruhi ingatan,   pregnancy brain