Mother&Baby Indonesia
Rokok Sebabkan Gangguan Napas Anak

Rokok Sebabkan Gangguan Napas Anak

Anda sulit menghentikan kebiasaan merokok saat sedang mengandung? Sebaiknya, segera minta bantuan orang lain untuk membantu menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

 

Hasil penelitian dari Karolinska Institutet Stockholm mengungkapkan, sebanyak 735 anak dari ibu perokok terdeteksi mengalami masalah pernapasan menjelang usia pra-sekolah.




“Penelitian ini melibatkan 21.600 bumil, minoritas di antaranya adalah bumil perokok. Kami mengawasi perkembangan anak-anak mereka sejak lahir. Hasilnya, anak dengan bumil perokok memiliki potensi masalah pernapasan yang lebih besar dari anak-anak yang ibunya tidak merokok,” ujar Dr. Asa Neuman, salah satu peneliti.




Selain meneliti efek asap rokok sejak dalam kandungan, para peneliti juga menaruh perhatian terhadap paparan asap rokok pasca-persalinan. Dokter Neuman mengatakan, saat ini risiko yang diterima bayi dari bumil perokok dan busui perokok memiliki peluang yang sama. Ia dan rekan-rekannya pun hingga kini terus mempelajari efek asap rokok terhadap anak dalam rangka kampanye kesehatan bayi dan balita bebas asap rokok. (Gita/DMO/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: rokok sebabkan gangguan napas anak,   rokok,   masalah pernapasan,   janin








Cover September 2019

Related Article