Mother&Baby Indonesia
Berani Mengubah Karier?

Berani Mengubah Karier?

Apakah Anda merasa tidak berkembang di tempat kerja sekarang atau tidak menyukai pekerjaan yang dilakukan? Mungkin sudah saatnya Anda mengubah karier dan memilih yang lebih sesuai dengan minat Anda.

 

Jabatan tinggi dan gaji besar memang sering membuat orang “terjebak” menggeluti pekerjaan yang bertentangan dengan minat atau impiannya. Alih-alih bahagia, banyak orang yang menjadi tertekan. Namun, belum terlambat bagi Anda untuk mengubah karier yang sesuai dengan minat. M&B membagi beberapa  tip yang dapat membantu Anda mewujudkannya.



 

1. Berpikir Positif

Melakukan perubahan karier pasti akan membuat Anda takut. Takut pendapatan Anda tidak sesuai, takut gagal, atau berbagai ketakutan lainnya. Hal itu wajar, mestinya tidak membuat Anda menyerah sebelum mencoba. Berpikirlah positif, jika Anda memang memiliki minat serta kemampuan dalam bidang yang dipilih, kesuksesan pasti akan mengikuti. Tentu saja semuanya harus diiringi dengan kesabaran, kerja keras, dan kesadaran bahwa ada proses yang harus dijalani.

 

2. Penilaian Diri

Menilai diri sendiri sangat penting dilakukan jika Anda ingin mengubah karier. Renungkan apa saja yang membuat Anda merasa tidak nyaman berkarier di tempat yang sekarang. Tuliskan hal positif dan negatif dari kondisi Anda hadapi di sana. Kemudian, tanyakan pada diri Anda, pekerjaan apa yang diinginkan dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan mengenali kompetensi diri dan mengombinasikannya dengan tipe situasi kerja yang Anda inginkan, akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan karier yang baru.

 



3. Memperkuat Motivasi
Mengubah karier bukan perkara mudah, oleh karena itu dibutuhkan motivasi yang kuat untuk melakukannya. Selain dukungan dari orang-orang terdekat, Anda bisa mendapatkan motivasi tersebut dengan membaca buku atau mengikuti seminar pengembangan karier. Anda juga bisa berkonsultasi dengan career coach untuk meraih karier yang Anda impikan.

 

4. Terus Belajar

Untuk mengubah karier, Anda mungkin perlu sekolah lagi supaya memiliki bekal yang memadai. Hal itu dapat memakan waktu selama beberapa minggu, bulan, atau bahkan tahun. Tetapi tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Apalagi, itu dilakukan untuk mewujudkan karier yang Anda impikan.

 

5. Tentukan Tujuan

Tanyakan pada diri Anda, apa saja yang ingin dicapai dengan karier baru selain mengaktualisasikan diri? Misalnya, ingin bekerja lebih fleksibel agar memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga atau mendapat lingkungan kerja yang lebih bersahabat bagi seorang ibu. Setelah itu, Anda bisa mulai mencari karier baru yang sesuai. Ketahuilah, perubahan minat dan jalur karier merupakan hal yang sangat wajar, hanya terkadang Anda memerlukan waktu lebih panjang untuk menemukan keinginan dan cita-cita sesungguhnya. (Dina/MN/dok.M&B)
 



Tags: berani mengubah karier anda








Cover September 2019

Related Article