Mother&Baby Indonesia
Tip Belanja Pintar

Tip Belanja Pintar

Setiap wanita, termasuk Anda pasti suka belanja. Namun, Anda harus melakukannya dengan cara yang pintar. Menurut Prita Hapsari Gozie dikutip dari buku Make it Happen!, hal pertama yang perlu dilakukan untuk 'belanja pintar' adalah membuat wish list. Daftar tersebut akan mengubah cara Anda dalam mengelola uang belanja dan membuat Anda lebih menyadari tentang apa yang dibutuhkan, serta diinginkan.


Selain itu, Anda juga bisa membuat rekening khusus yang terpisah dengan rekening operasional bulanan dan menjadikannya sebagai 'simpanan rahasia'. Saat berbelanja usahakan untuk melakukan pembayaran dengan uang tunai atau debit card. Anda sebenarnya juga boleh menggunakan kartu kredit, asalkan bisa membayar lunas saat jatuh tempo tagihan.


Lalu, ajaklah teman belanja yang bisa membuat Anda tetap patuh kepada anggaran yang sudah dibuat dan dapat memberitahu apakah barang yang ingin dibeli cocok atau tidak. Terakhir, saat ingin membeli suatu barang, coba lakukan 10 second rule atau berhenti 10 detik dan tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan atau menginginkannya. Selamat berbelanja dengan pintar, Moms! (Dina/SR/Dok.M&B)







Tags: tip keuangan,   finansial








Cover September 2019

Related Article