Mother&Baby Indonesia
Agar Balita Tidak Takut Gelap

Agar Balita Tidak Takut Gelap

TANYA
“Sejak tidur di kamar sendiri, Rayhan tidak bisa tidur kalau lampunya dimatikan. Saya khawatir ia jadi penakut karena sudah takut gelap sejak kecil. Bagaimana ya mengatasinya?“
Destya Amaris, ibu dari Rayhan, 3

 

JAWAB
Bermain Bayangan Tangan
“Saya sadar bahwa Cinta takut gelap ketika suatu malam listrik di rumah kami mati. Cinta sempat histeris sebelum kami sempat menyalakan lampu darurat. Setelah ia tenang, saya punya ide untuk bermain bayangan tangan yang disorot lampu senter. Saya lalu membuat cerita seru dan lucu sambil menggerak-gerakkan tangan membentuk gambar binatang. Ternyata Cinta senang sekali dan ia ikut menirukan bentuk binatang dari bayangan tangannya. Sekarang Cinta malah ketagihan dengan permainan ini dan sering meminta lampu kamarnya dimatikan. Jadi bila listrik mendadak mati Cinta pun tenang.”
Murtiyarini, ibu dari Cinta Ing Larasati, 4 tahun



 

Mainan Glow in The Dark
“Ketika ingin mengajarkan Daffa tidur dalam gelap kami memasang mainan tempel glow in the dark di langit-langit kamar kami. Awalnya Daffa menangis saat lampu dimatikan, tapi begitu dibaringkan di tempat tidur dan melihat warna terang memancar dari mainan yang ditempel di langit-langit, ia tertawa senang. Mainan tempel yang kami pasang bentuknya memang lucu yaitu bintang dan bulan. Sekarang jika lampu mati Daffa langsung melihat ke langit-langit, ke arah bulan dan bintang miliknya. Ia pun tak menangis lagi jika berada dalam gelap.”
Dinda Mustika, ibu dari Daffa, 8 bulan

 



Biasakan Akrab Dengan Suasana Gelap
“Dulu Jonathan takut sekali jika berada dalam gelap, ia akan langsung berteriak dan menangis sekeras-kerasnya. Saya lalu mulai membiasakan ia untuk akrab dalam kegelapan dengan berjalan di malam hari. Awalnya ia takut sekali dan bersembunyi di balik punggung saya. Ketika saya bertanya mengapa ia takut gelap, ia menjawab takut ada setan. Saya lalu meyakinkannya bahwa tidak ada apa pun dalam kegelapan, termasuk setan. Mendengar hal itu Jonathan diam-diam keluar dari persembunyiannya di balik punggung saya dan melihat sekelilingnya. Sejak saat itu ia tak takut lagi berjalan sendirian walau dalam gelap.”
Merriane, ibu dari Jonathan, 6

 

Tidur Dengan Lampu Mati
“Sejak Ashley bayi, saya selalu membiasakan ia tidur malam dengan lampu kamar dimatikan. Jadi kendati terbangun saat tengah malam, ia tidak pernah takut atau menangis. Pernah suatu ketika listrik di komplek perumahan kami mati. Lucunya Ashley sama sekali tidak terkejut dan malah  dengan kemampuan berbicaranya yang masih terbata-bata, ia memberitahu saya bahwa lampu kami mati.“
Lia Deliana, ibu dari Ashley, 19 bulan



Tags: agar balita tidak takut gelap