Mother&Baby Indonesia
Redakan Sakit Gigi Si Kecil

Redakan Sakit Gigi Si Kecil

TANYA:
“Akhir-akhir ini, Luisa sering mengeluh sakit gigi. Adakah cara mengatasinya sebelum saya membawanya ke dokter gigi?“
(Cut Manda Yusrina, ibu dari Luisa, 4,5)

 

JAWAB:
Cara Tradisional Bawang Putih
“Tamara pernah sakit gigi yang tak tertahankan, karena giginya berlubang. Awalnya, saya memberinya obat tablet yang konon bisa menyembuhkan sakit gigi, tetapi tak berhasil. Akhirnya, saya mencoba resep tradisional dari ibu mertua saya, yaitu dengan menggunakan bawang putih. Beliau mengatakan, bawang putih berkhasiat membunuh kuman penyebab sakit gigi. Caranya, tumbuk halus 1 siung bawang putih dan tambahkan sedikit garam. Tempelkan bawang putih yang telah halus pada bagian gigi yang berlubang dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah meresap, minta Si Kecil untuk berkumur dengan air hangat. Terbukti lho, gigi anak saya sembuh. Selamat mencoba!”
(Rumondang, ibu dari Tamara, 6)



 

Air Rebusan Daun Sirih
“Ketika Jessica sakit gigi karena giginya berlubang, saya pasti mempraktikkan obat tradisional turun-temurun keluarga. Caranya, rebus sekitar 10 lembar daun sirih hingga mendidih. Lalu, dinginkan air rebusan daun sirih itu hingga hangat-hangat kuku dan digunakan sebagai obat kumur pada Si Kecil. Lakukan 2-3 kali sehari. Selain membuat gigi menjadi bersih, ternyata air rebusan sirih juga berkhasiat membunuh kuman yang menempel di gigi. Buktinya, setelah itu Jessica tidak lagi sakit gigi.”
(Denny. S., ibu dari Jessica, 6)

 



Cairan Obat Cina
“Sebelum Ethan tumbuh gigi, saya memberinya woodwards celebrated gripe water, berupa cairan obat yang dapat dibeli di toko obat cina. Obat itu saya campur ke dalam 1 sendok makan air putih, lalu saya berikan sebagai obat kumur untuk Ethan, 1 kali sehari. Hasilnya, saat tumbuh gigi, Ethan tidak rewel atau diare. Obat ini juga ampuh buat keponakan saya yang berumur 3 tahun. Saat ia sakit gigi, saya juga memberinya cairan obat tersebut sebanyak 2 sendok makan sehari untuk dikumur. Syukurlah sakit giginya pun sembuh.”
(Sri Rahayu N. Tampubolon, ibu dari Ethan Christopher, 9 bulan)

 

Analgesik dan Air Garam
“Setiap kali mengajak anak-anak saya ke dokter gigi, saya pasti mengalami kesulitan. Untuk mengurangi sakit gigi sementara, saya biasanya memberikan obat analgesik ringan atau menyuruh Si Kecil berkumur dengan air garam jika gusinya sampai bengkak. Selain mengingatkan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari, saya juga mengharuskan anak-anak berkumur dengan air putih sehabis makan apa pun. Hasilnya, sakit gigi Si Kecil pun berkurang.“
(Dewi Susilowati, ibu dari Jason, 8, dan Withney, 2 tahun 3 bulan)



Tags: redakan sakit gigi si kecil








Cover Maret 2020