Mother&Baby Indonesia
Aneka Khasiat Buah Berry

Aneka Khasiat Buah Berry




Satu cangkir strawberry mengandung lebih dari 100 mg vitamin C, yang berguna untuk meningkatkan imunitas dan sel-sel tubuh yang kuat. Di dalam buah ini, terkandung mineral penting, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan asam folat, serta hanya memiliki 53 kalori. Di Amerika Serikat, strawberry merupakan buah populer yang menduduki peringkat ke-4 sebagai buah paling bermanfaat.



Satu cangkir blueberry mengandung vitamin C, serta mineral bermanfaat seperti mangan, zat besi, dan magnesium, dengan 83 kalori saja. Blueberry oleh penduduk asli Amerika dimanfaatkan sebagai buah yang dapat meningkatkan memori dalam otak mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi blueberry dapat mengurangi masalah kognitif dan menunda penuaan dini secara alami.



Dalam 1 cangkir cranberry terkandung sekitar 44 kalori. Cranberry juga memuat banyak zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, dan melindungi sel DNA dari kerusakan. Jenis buah yang satu ini mampu mengobati infeksi saluran pencernaan secara alami.



Seperti buah berry yang lain, blackberry kaya akan vitamin C, rendah kalori, dan tinggi serat. Namun, blackberry merupakan jenis buah berry yang paling kaya vitamin E dan asam folat. Warnanya yang gelap mengindikasikan tingginya kadar antioksidan dalam buah ini dibandingkan buah berry lainnya.



Mungkin Anda jarang mendengar atau melihat buah ini. Namun, loganberry di daerah bersuhu rendah di Indonesia sebenarnya dapat kita temui. Loganberry merupakan buah hibrida antara blackberry dan raspberry. Dalam secangkir loganberry, Anda bisa mendapatkan kecukupan serat, serta vitamin K dan C, dengan kandungan 73 kalori.



Raspberry selain tinggi zat antioksidan, juga kaya zat anti-peradangan, dan fitonutrien. Hasil penelitian mengungkapkan, raspberry mampu meningkatkan sistem imun bila dikonsumsi saat sakit. Secangkir raspberry mengandung 64 kalori dan serat yang tinggi.


Tentu Anda tahu, ada begitu banyak ragam buah dengan nama akhiran "berry", seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan lain-lain. Jenis-jenis buah ini digemari oleh masyarakat luas, karena selain menyehatkan tubuh, cita rasanya juga menyegarkan. Kebanyakan jenis berry mengandung senyawa fitokimia dan flavonoid yang berperan penting dalam membantu mencegah kanker. Bahkan, buah berry juga bisa meningkatkan kinerja saluran pencernaan. Ada banyak buah berry di alam, namun berikut adalah beberapa jenis berry yang dikenal luas oleh masyarakat. (Gita/DMO/Dok. Freedigitalphotos)





Tags: aneka khasiat buah berry,   berry,   strawberry,   blueberry,   loganberry,   cranberry,   blackberry








Cover Maret 2020