Mother&Baby Indonesia
Tubuh Sehat Berawal dari Rambut

Tubuh Sehat Berawal dari Rambut

Banyak orang beranggapan, rambut merupakan merupakan sisi terpisah dari tubuh. Namun, sedikit yang tahu bahwa kondisi rambut bisa menjadi petunjuk kesehatan tubuh kita. Dilansir Dr. Oz, Anda dapat mendeteksi kesehatan rambut Anda dengan 4 ciri berikut.


1.  Rambut terasa kaku dan sulit diatur. Cobalah ingat, di mana Anda menghabiskan sebagian besar aktivitas Anda? Di kolam renang atau di tempat penuh polusi? Selain itu, rambut kaku dan sulit diatur merupakan tanda hipotiroid— kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon, sehingga menyebabkan metabolisme menjadi lambat. Kekurangan hormon ini membuat Anda mudah kelelahan dan merasa kedinginan sepanjang waktu.


2. Ketombe pada rambut. Orang dengan ketombe kerap menggunakan sampo anti-ketombe untuk mengobatinya. Namun, bila Anda menemukan ketombe yang semakin tebal, bisa jadi Anda menderita psoriasis— penyakit autoimun yang membuat kulit Anda mengalami regenerasi sel begitu cepat. Ada pula penyakit autoimun yang dapat membuat Anda tampak berketombe, seperti Chron.




3. Rambut rontok. Rata-rata rambut mengalami kerontokan hingga 100 helai setiap harinya. Kerontokan rambut ini normal terjadi dan tidak akan membuat rambut menjadi lebih tipis. Namun, jika rambut Anda mulai terlihat tipis dan kerontokannya semakin parah, mungkin hal itu adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda. Rambut rontok bisa dikaitkan dengan tingkat stres, gejala lain dari hipotiroid, pertanda polycystic ovary syndrome (penyakit yang berhubungan dengan kesuburan wanita), atau asupan obat-obatan tertentu, seperti pil KB dan obat anti-depresi.




4. Rambut kering, rapuh, dan mudah rusak. Rambut Anda terdiri protein yang disebut keratin. Jika Anda tidak mendapatkan cukup protein dalam diet Anda, hal itu bisa menurunkan kualitas rambut Anda. (Gita/DMO/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: rambut,   kesehatan,   keratin,   kerontokan rambut,   ketombe,   hipotiroid,   tubuh sehat berawal dari rambut