Mother&Baby Indonesia
5 Tip Tingkatkan Kemampuan Bicara Anak

5 Tip Tingkatkan Kemampuan Bicara Anak

Hari demi hari, bayi Anda semakin tumbuh besar. Tingkah Si Kecil pun semakin hari semakin menggemaskan, terlebih saat ia mulai belajar mengungkapkan kata pertamanya. Mendengarnya memanggil nama Anda dengan kata “mama” pun dapat membuat Anda bahagia. Bantu Si Kecil meningkatkan kemampuan bicaranya dengan 5 tip berikut. 

 

1.  Membaca bersama
Membacakan cerita bukanlah hanya sebagai pengantar tidur. Menurut terapis bicara dan bahasa, Lauren Woodcock, saat mendengarkan suara Anda membacakan cerita, Si Kecil dapat belajar kosakata. Ajak ia bicara sambil menunjukkan gambar dan bertanya dengan intonasi yang sesuai dengan sebuah kata. Penelitian menunjukkan bahwa berbicara dengan intonasi dapat membantu meningkatkan pemahaman anak Anda terhadap kosakata. 



 

2.  Bersabar
Di masa tahun pertamanya, setiap anak akan berbicara dengan terbata-bata. Namun, jangan pernah memotong kalimatnya sebelum ia selesai mengatakan ucapannya. Hal tersebut akan membuatnya tidak percaya diri dan kehilangan motivasi untuk mengekspresikan diri. Keterampilan dan kesabaran Anda untuk aktif mendengarkan perkataan Si Kecil merupakan kunci keberhasilan. Jalinlah kontak mata dengannya saat Si Kecil sedang berusaha mengungkapkan sesuatu. Kontak mata diperlukan dalam komunikasi agar ia tahu bahwa Anda memperhatikannya. Jika Anda tak mengerti ujarannya, ungkapkanlah dengan jujur dan minta Si Kecil untuk mengulanginya. Mungkin butuh beberapa kali untuk mencoba, tetapi cara ini lebih baik daripada Anda memotong pembicaraannya.

 

3.  Bernyanyi
Lagu dan sajak juga dapat membantu Si Kecil meningkatkan kemampuan artikulasinya. Menurut David Messer, Kepala Childhood Development and Learning di sebuah universitas terbuka di Inggris, lewat nyanyian, sesuatu dapat disampaikan dengan cara yang menyenangkan, sehingga anak-anak menyukainya. Semakin anak Anda menikmati sesuatu, ia akan semakin ingin melakukannya. Yang perlu Anda tahu, anak-anak juga menyukai pengulangan, dan itu membantu mereka belajar artikulasi. Jadi, bersabarlah ketika mereka terus-menerus meminta Anda menyanyikan sebuah lagu hingga berkali-kali.



 

4.  Mengajak berbicara
Mengajak Si Kecil banyak berdiskusi dapat melatihnya untuk terbiasa berbicara. Diskusikanlah apa saja yang ada di sekitar Anda dan Si Kecil. Semakin sering Anda berbagi dengannya, akan semakin besar pemahaman dan kosakatanya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah lengkapi atau tambahkan kata yang ia ucapkan. Misalnya, ia mengucapkan kata “mobil” dan Anda tambahkan dengan, “mobil biru”. Waktu santap makan juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang berkomunikasi. Misalnya, tanyakan kepadanya apakah makanan yang ia makan itu enak?

 

5.  Hindari terlalu banyak menonton televisi
Televisi dapat mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda malas mengajak Si Kecil berbicara. Atur dengan bijak waktu Anda untuk menonton televisi, sehingga Anda dapat banyak mengajak Si Kecil berbicara dan mengajukan pertanyaan untuknya. (Aulia/DMO/Dok. M&B)
 



Tags: 5 tip tingkatkan kemampuan bicara anak,   kemampuan bicara-bahasa