Mother&Baby Indonesia
Mengajarkan Anak Membaca Jam

Mengajarkan Anak Membaca Jam

Moms, aktivitas Si Kecil bisa jadi sama padatnya dengan Anda. Setiap pagi, Ia harus bangun pukul 07.00, sarapan, dan pergi ke sekolah pukul 08.00. Pulang sekolah, ia pergi latihan menari atau menghadiri kursus lainnya. Supaya Si Kecil disiplin pada waktu dan rutinitasnya, Anda perlu mengajarinya membaca jam. Berikut caranya:

 





  1. Kenalkan Si Kecil dengan konsep waktu, supaya ia paham kalau kata jam, menit, dan detik digunakan untuk mengetahui kapan sebuah kegiatan dimulai dan berakhir. Misalnya buat permainan 'membereskan mainan dalam waktu 10 menit'. Gunakan alarm di telepon genggam atau stop watch supaya ia tahu berapa lama 10 menit itu.
  2. Setelah Si Kecil paham dengan konsep waktu ajarkan ia angka 1 sampai 60. Mengajarkan Si Kecil angka belasan dan puluhan memang agak sulit, namun ada banyak cara menyenangkan untuk mengajarinya misalnya mintalah ia menyebutkan setiap angka belasan atau puluhan yang tertera di papan iklan di pinggir jalan, atau label harga makanan yang ada di supermarket.
  3. Ajarkan juga Si Kecil penjumlahan dari angka 5, ini akan memudahkannya memahami konsep menit.
  4. Baru setelah Si Kecil menguasai angka, Anda bisa mengajaknya berlatih membaca jam dengan menggunakan jam dinding yang sudah tidak terpakai atau mainan rekomendasi M&B berikut ini. (Karina/SR/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: tips,   membaca jam