Mother&Baby Indonesia
Ciuman Tingkatkan Imunitas Bayi (2)

Ciuman Tingkatkan Imunitas Bayi (2)

Selain memengaruhi emosi, ciuman yang Anda berikan ternyata juga dapat menyehatkan Si Bayi. "Mencium bayi Anda dengan mencurahkan semua kasih sayang dapat membantu pertumbuhan bayi Anda," ungkap Tiffany Field, Ph.D., Direktur Touch Research Institute di University of Miami Medical School, seperti dilansir Healthy Living.

 



Penelitian menunjukkan bahwa jika frekuensi kontak fisik ibu terhadap bayinya lebih banyak, maka akan membuat Si Bayi tumbuh lebih pesat. Rangsangan reseptor diketahui menekan ke seluruh tubuh, sehingga tubuh bereaksi terhadap rangsangan tersebut. "Bayi yang mendapat sentuhan dan stimulasi akan berkembang ekstra," lanjut Field.



 

Selain itu, sebuah kelompok penelitian yang dipimpin oleh Dr. Tagg juga menemukan bahwa ketika seorang ibu mencium bayinya, secara tidak langsung akan mentransmisikan sejenis bakteri tertentu yang dapat membantu membangun kekebalan terhadap beberapa penyakit, seperti pilek dan radang telinga.

 

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengambil sampel darah yang diukur dan diamati kecepatan denyut jantung, tingkat oksigen dalam darah, serta ekspresi wajah dari sejumlah bayi. Hasilnya, bayi-bayi tersebut terbebas dari rasa sakit selama 3 menit setelah mendapatkan peluk dan cium dari ibu mereka. Menakjubkan! (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: ciuman tingkatkan imunitas bayi