Mother&Baby Indonesia
Kekhawatiran Sebelum Melahirkan

Kekhawatiran Sebelum Melahirkan

Banyak kekhawatiran yang menjadi momok para bumil saat menghadapi persalinan. Bagaimana cara mengatasinya? Simak tip dari Susan Ross, ahli kebidanan dan salah satu penemu hypnobirthing berikut!

 


1.  Melahirkan itu sangat menyiksa
Banyaknya cerita mengenai sulitnya melahirkan menjadi penyebab mengapa Anda takut untuk hamil. Solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mempersiapkan kehamilan dengan baik sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalkan. Selalu periksakan kehamilan Anda dengan teratur di pusat kesehatan atau klinik bersalin. Jika Anda memiliki kekhawatiran yang besar terhadap isu ini, cobalah berkonsultasi dengan paramedis atau dokter yang bisa membantu Anda.




2.  Anak lahir cacat atau meninggal
Teknologi yang berkembang saat ini sangat membantu dalam memantau perkembangan janin. Singkirkan saja semua pikiran negatif dan terapkanlah pola hidup sehat selama hamil. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan atau dikonsumsi oleh bumil. Hindari hal-hal (makanan, minuman, atau pun paparan zat-zat kimia) yang berbahaya bagi kesehatan Anda dan janin.


3.  Perubahan dalam pola komunikasi
Susan Ross menganjurkan, saat akan menjadi orangtua, ada baiknya Anda dan pasangan banyak berkonsultasi dengan psikolog. Memang, memiliki buah hati kadang membuat Anda dan pasangan bertengkar. Namun, hal tersebut wajar, hanya saja perlu penanganan yang tepat agar setiap masalah tidak semakin membesar dan merusak hubungan Anda berdua.




4.  Tidak bisa memberikan ASI
Tidak bisa memberikan ASI kepada Si Kecil, bagi sebagian ibu, merupakan hal yang sangat menyakitkan. Hal ini didasari oleh rasa bersalah, karena tidak bisa memberikan yang terbaik bagi Sang Buah Hati. Tidak perlu khawatir berlebihan mengenai hal ini, karena justru akan memberikan pengaruh negatif bagi produksi ASI Anda. Bila Anda kesulitan memberikan ASI, berkonsultasilah dengan dokter, mintalah bantuan di klinik-klinik laktasi, atau mencari sumber ASI dari pendonor yang Anda anggap baik untuk sementara waktu.


5.  Tubuh saya rusak akibat melahirkan
Sering kali para bumil berpikir bahwa setelah melahirkan mereka tidak akan lagi memiliki tubuh yang indah dan langsing. Tenang saja, karena banyak cara sehat yang bisa dilakukan agar Anda mendapatkan kembali tubuh indah Anda. Salah satunya, dengan mengatur pola makan dengan baik dan berolahraga ringan. (Gita/DMO/Dok. M&B)



Tags: kekhawatiran sebelum melahirkan,   persalinan,   kekhawatiran








Cover Januari - Februari 2020