Mother&Baby Indonesia
Keguguran Berulang Bisa Diatasi

Keguguran Berulang Bisa Diatasi

Keguguran merupakan hal yang tidak diinginkan banyak calon ibu. Keguguran yang terjadi lebih dari 2 kali disebut dengan keguguran berulang. Untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti direkomendasikan oleh dr. Lastiko Bramantyo, Sp.OG berikut ini:


1.  Kenali faktor penyebab keguguran dan keadaan janinnya.  Jika terjadi perdarahan yang mengarah pada keguguran, tetapi pemeriksaan USG menunjukkan janin masih hidup, maka dibutuhkan perawatan intensif. Namun, bila janin tidak dapat dipertahankan maka tindakan kuret harus segera dilakukan.


2.  Jika penyebab keguguran adalah kekurangan hormon maupun gejala penyakit lain, biasanya dokter akan memberikan terapi hormon, bed rest, hingga terapi penyembuhan terlebih dahulu. Pengobatan juga akan dilakukan jika penyebabnya terkait dengan sistem imunitas tubuh ibu yang berisiko buruk terhadap janin, termasuk karena infeksi yang menyerang embrio. Namun, jika penyebabnya karena kondisi serviks yang lemah maka akan dilakukan pengikatan serviks untuk menguatkannya. (Gita/DMO/Dok. M&B)







Tags: keguguran berulang bisa diatasi,   keguguran berulang,   penyebab keguguran








Cover September 2019

Related Article