Mother&Baby Indonesia
Mainan Aneka Warna, Belum Tentu Aman

Mainan Aneka Warna, Belum Tentu Aman

Cat warna-warni yang terdapat pada mainan anak-anak memang dibuat untuk melatih indra penglihatan mereka. Namun, sebelum membeli mainan, Anda tentu harus jeli memilih mainan yang aman untuk Si Kecil. Patut diingat, mainan mahal belum tentu aman untuk anak. Anda bisa bertanya kepada pihak yang ahli untuk membedakan mana cat yang aman dan berbahaya. Anda juga bisa membedakannya melalui tip sederhana berikut ini.


1.  Sekilas cat berbahaya sulit dibedakan dengan cat yang aman untuk mainan. Tetapi jika diteliti lebih saksama, cat mainan berbahaya biasanya memiliki pigmen warna cerah menyala.


2.  Cat berbahaya pada mainan anak biasanya lebih cepat mengelupas.


3.  Cat berbahaya pada mainan memiliki bau yang menyengat. Hal ini disebabkan adanya campuran tiner berlebih ataupun bahan dasar cat dengan zat kimia logam dalam jumlah tinggi. Sementara, cat yang aman biasanya  tidak menimbulkan bau atau beraroma khas yang bersifat sementara.

 

4.  Bila Anda menempelkan mainan ke kulit lalu warna catnya menempel di kulit, maka Anda perlu waspada!


5.  Cat yang aman untuk anak biasanya adalah cat air, seperti cat acrylic. Beberapa mainan dengan cat yang aman akan menuliskan label di belakang kemasan bahwa mainan itu menggunakan cat yang aman untuk anak.

 

Bila Anda merasa khawatir akan adanya zat pewarna berbahaya, ada baiknya bila Anda membuat sendiri mainan untuk Si Kecil. Anda juga bisa membeli mainan tanpa warna, lalu menambahkan sendiri cat warna yang direkomendasikan tidak berbahaya bagi anak. (Gita/DMO/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: mainan anak,   permainan berbahaya,   bahan perwarna mainan,   mainan aneka warna










Cover Mei-Juni-Juli 2020