Mother&Baby Indonesia
Teh Hijau, Nikmat dan Bermanfaat

Teh Hijau, Nikmat dan Bermanfaat

Teh hijau merupakan salah satu bahan pangan yang banyak digemari. Selain nikmat untuk diminum, jenis teh ini juga memiliki beragam manfaat. Apa saja? Berikut ini 8 manfaat teh hijau, seperti dilansir Lifehack.com.


1.  Menurunkan berat badan. Teh hijau diklaim dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan polifenolnya dapat membakar lemak dan mengubah makanan menjadi kalori dengan baik.


2.  Diabetes. Teh hijau membantu mengatur kadar gula darah atau glukosa, memperlambat kenaikan gula darah tersebut setelah makan, dan mencegah lonjakan insulin.




3.  Mengurangi risiko penyakit jantung. Para ilmuwan berpendapat, teh hijau bekerja baik dalam saluran pembuluh darah, dan menjaga tekanan darah tetap seimbang. Ini artinya, konsumsi teh hijau dapat mencegah penggumpalan darah-- penyebab utama serangan jantung.

 

4.   Meningkatkan kolesterol baik. Teh hijau mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik.




5.  Membantu pengidap alzheimer dan parkinson. Hasil penelitian membuktikan bahwa teh hijau melindungi sel-sel otak dari kematian dan regenerasi sel-sel otak yang rusak akibat penyakit alzheimer dan parkinson.


6.  Mencegah karies gigi. Anti-oksidan yang terdapat dalam teh dapat menghancurkan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi tenggorokan, karies gigi, dan penyakit gusi.


7.  Mencegah depresi. Teanin adalah asam amino alami yang ditemukan dalam daun teh, yang diperkirakan dapat memberikan efek tenang.


8.  Merawat kulit. Teh hijau ternyata juga dapat menunda kerutan dan penuaan dini. Hal ini karena pengaruh anti-oksidan dan zat anti-inflamasi di dalam teh. Teh juga bisa mengurangi risiko yang disebabkan oleh sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. (Gita/DMO/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: teh hijau,   nutrisi,   teh hijau nikmat bermanfaat,   manfaat teh hijau










Cover Mei-Juni-Juli 2020