Mother&Baby Indonesia
Diabetes Mengintai Wanita (1)

Diabetes Mengintai Wanita (1)

Tak berlebihan jika diabetes disebut sebagai silent killer, karena gejalanya yang sering kali tak terlihat. Menurut dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD, Kepala Departemen IPD FKUI-RSCM, banyak pasien yang tidak menyadari bahwa mereka mengalami diabetes. “Karena gejalanya sangat umum, banyak di antara mereka yang terkena dalam tingkat yang sudah parah, bahkan dengan kaki diabetik akut,” ungkapnya.

 

Kaum hawa pun perlu mengenali gejala diabetes yang dapat menyerang mereka, terutama jenis diabetes gestasional yang dapat berkembang selama kehamilan. Jika Anda mengalami beberapa gejala diabetes, cek segera gula darah Anda! Penanganan dini penyakit ini dapat membantu mencegah ataupun menurunkan terjadinya komplikasi penyakit lain.



 

Beberapa gejala diabetes yang umum terjadi pada wanita antara lain: infeksi, gangguan fungsional hormon, depresi, peningkatan rasa haus dan nafsu makan, sering buang air kecil, mudah lelah, mual atau muntah, bertambah atau menurunnya berat badan, mulut kering, serta proses penyembuhan yang lambat. Selain itu, wanita yang terserang diabetes juga mengalami gejala infeksi vagina, seperti nyeri dan gatal-gatal di sekitar vagina, kemerahan di kulit, keputihan, serta timbul nyeri saat berhubungan seksual. Wanita pengidap diabetes juga dapat mengalami disfungsi seksual, seperti menurunnya libido dan sulit mencapai orgasme.



 

Jangan biarkan diri Anda hanya menduga gejala tanpa ada kepastian. Cara terbaik untuk meyakinkan Anda tentang penyakit ini adalah dengan melakukan tes gula darah dan berkonsultasi ke dokter. (Aulia/DMO/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: diabetes mengintai wanita,   kenali gejala diabetes pada wanita