Mother&Baby Indonesia
Tahapan Makanan Padat untuk Si Kecil

Tahapan Makanan Padat untuk Si Kecil

Setelah Si Kecil berusia 6 bulan, kini saatnya ia dikenalkan dengan makanan padat. Proses ini membutuhkan beberapa tahap. Mengingat selama ini bayi Anda hanya menerima ASI sebagai makanannya, makanan pertama sebaiknya juga bertekstur cair, agar indra pengecapnya tidak kaget. Begitu seterusnya, dari tekstur halus hingga tekstur yang lebih kasar dan dalam porsi yang lebih besar. Berikut tahapannya.
 

1.Sebagai perkenalan, Anda bisa memberikan Si Kecil sari buah jeruk. Pilihlah jeruk yang manis dan jangan diberi tambahan gula. Ambil airnya saja sebanyak 30 cc. Berikan sari buah ini selama 4-5 hari, sebanyak 1 kali sehari.

 



2.Lainnya, berikan ASI seperti biasa. Jika ternyata Si Kecil menunjukkan gejala alergi, hentikanlah segera. Anda boleh mencoba mengganti buah yang lain, seperti tomat.

 

3.Jika setelah 5 hari tidak ada gangguan yang berarti, Anda bisa menambahkan biskuit ke dalam menu hariannya. Campurkan satu keping biskuit dengan air atau susu, hingga teksturnya seperti bubur. Berikan satu kali sehari selama 4-5 hari. Jadi, pada minggu kedua perkenalan makanan padat Si Kecil, selain susu, ia sudah mendapatkan sari buah jeruk dan biskuit dalam daftar menunya.

 



4.Di minggu berikutnya, mulailah Anda berikan bubur susu sebanyak 1 kali dalam satu hari. Pemberian buah boleh juga Anda tambah intensitas pemberiannya, dari satu kali sehari menjadi dua kali sehari. 

 

5.Supaya tidak bosan, mulailah memperkenalkannya dengan variasi makanan, buahnya boleh Anda ganti dengan pisang. Sementara, bubur tim saring baru bisa  Anda berikan setelah Si Kecil berusia 7 bulan. Isinya boleh berupa perpaduan sayuran, ikan, dan hati.

 

6.Bila Anda ingin menambah porsi makan Si Kecil, lakukan secara bertahap, misalnya dari satu keping biskuit, kemudian ditambah menjadi satu setengah keping, hingga akhirnya menjadi dua keping. (Aulia/doc.M&B)



Tags: tahapan makanan padat untuk si kecil