Mother&Baby Indonesia
6 Tip Pencegahan Kematian Mendadak pada Bayi

6 Tip Pencegahan Kematian Mendadak pada Bayi

Sindrom kematian bayi secara mendadak atau yang disebut dengan istilah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), adalah keadaan di mana bayi yang tampak sehat, secara tiba-tiba dan tak dapat dijelaskan meninggal. Pola tidur yang buruk disebut masih menjadi kesalahan fatal yang banyak menyebabkan terjadinya SIDS atau kematian mendadak pada bayi usia antara 1 sampai 12 bulan. Menurut data sumber, lebih dari 3500 anak di Asutralia bahkan masih mengalami kematian mendadak setiap tahunnya. Kondisi ini tentu menjadi ketakutan dalam benak setiap orangtua.

 

Namun, dengan peningkatan kesadaran tentang bahaya SIDS dan inisiatif untuk menjalankan program tidur yang aman bagi anak, jumlah dan risiko kematian terkait SIDS dapat mengalami penurunan sebanyak 80 persen.



 

Ada beberapa langkah yang dapat membantu mengurangi risiko terjadi SIDS pada bayi Anda, salah satunya seperti raktek tidur sederhana yang telah terbukti membantu mengurangi risiko kematian bayi mendadak tersebut. Berikut 6 tip menidurkan bayi Anda untuk mencegah SIDS.

 

1 . Letakkan bayi Anda dengan posisi tidur terlentang. Jika bayi Anda mengalami refluks atau kepala peyang, tidur dengan posisi miring masih diperbolehkan. Namun, konsultasikan dengan dokter Anda.

 

2 . Hindari menutupi wajah dan kepala bayi dengan kain atau benda apa pun, seperti sprei, bantal, selimut, dan lainnya saat ia tidur. Hindari memenuhi tempat tidurnya dengan boneka atau mainan sebelum usia tujuh bulan. Menurut CEO SIDS and Kids Australia, Leanne Raven, pada tahun 2005,  dilaporkan bahwa hampir 60 persen dari bayi yang meninggal karena SIDS ditemukan dengan kepala atau wajah yang tertutupi sesuatu pada saat kematian mereka. Kematian umumnya disebabkan karena  adanya sesuatu yang menghalangi saluran udara. Selain itu, jangan sampai Si Kecil mengalami kepanasan.

 



3 . Jauhkan bayi dari asap rokok sebelum dan sesudah kelahiran. Jangan biarkan siapapun merokok di sekitar bayi Anda. Perhatikan pula jangan sampai asap rokok mengarah ke jendela atau ventilasi ruangan di mana bayi Anda berada.

 

4 . Sediakan lingkungan tidur yang aman saat malam hari, termasuk tempat tidur, permukaan kasur, dengan seprai yang aman dan nyaman. Australia memiliki standar permukaan kasur yang aman untuk bayi. Kenakan juga busana berbahan nyaman saat menimang bayi Anda. Tidak hanya pakaian Si Kecil, pakaian yang Anda kenakan ternyata bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan tersendiri untuk Si Kecil.

 

5 . Selain menidurkan bayi di tempat yang aman, tidurkan pula bayi di ruangan atau tempat tidur yang sama dengan Anda, selama setidaknya enam sampai 12 bulan. Dengan begitu, Anda dapat dengan cepat merespon kebutuhan si bayi. Selain itu, bayi juga lebih nyaman dan memilih kontak yang lebih dekat dengan sang ibu. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ketika seorang ibu tidur di ruangan yang sama dengan bayi mereka, kemungkinan bayi meninggal akibat SIDS dapat berkurang hingga 50 persen.

 

6 . Menyusui memang ditetapkan sebagai nutrisi terbaik untuk bayi Anda. Penelitian menunjukkan bahwa menyusui juga dapat mengurangi risiko SIDS. (Aulia/doc.M&B)



Tags: 6 tip pencegahan kematian mendadak pada bayi