Mother&Baby Indonesia
5 Cara Meningkatkan Imunitas Bayi Anda

5 Cara Meningkatkan Imunitas Bayi Anda

Seorang bayi rata-rata memiliki kesempatan sebanyak 8 kali mengalami pilek setiap tahunnya. Ditambah lagi, mengalami masalah perut, infeksi telinga, dan gangguan lainnya sebelum ia menginjak usia sekolah.

 

Sebenarnya, bayi Anda punya cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Berikut langkah sederhana dilansir dari M&B UK untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi Anda.



 

1 . Kekuatan Tidur Siang
Kurang tidur dapat memengaruhi imunitas. Jadi, pastikan bayi Anda memiliki cukup waktu untuk tidur siang secara teratur. David Munday, dari Asosiasi Community Practitioners and Health Visitors mengatakan, "Tidur adalah waktu tubuh bayi Anda untuk mengisi energi, membangun, dan memperbaharui sel-sel serta jaringan yang telah digunakannya selama seharian. Itulah sebabnya mengapa tidur begitu penting bagi kekebalan tubuh Si Kecil."

 

2 . Menyusui
ASI kaya akan antibodi dan kolostrum untuk melawan penyakit. Anda dianjurkan untuk menyusui selama setidaknya minimal 6 bulan. Menyusui akan membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat bagi Si Kecil.

 



3 . Bermain dengan Hewan Peliharaan
Sebuah penelitian baru menemukan bahwa bayi yang tinggal dengan anjing atau kucing peliharaan dapat memiliki risiko yang lebih kecil terkena infeksi telinga, batuk, atau pilek. Mereka juga  cenderung tidak memerlukan antibiotik. Para peneliti percaya bahwa kotoran dan alergen yang dibawa oleh hewan peliharaan menyebabkan sistem kekebalan tubuh bayi Anda lebih cepat matang, karena  imun tubuh terbiasa memerangi virus dan bakteri. Namun, hal ini perlu diperhatikan dan dikonsultasikan kembali dengan dokter Anda. Kehadiran hewan peliharaan bisa berisiko bagi bayi di bawah 6 bulan.

 

4 . Perhatikan Kebersihan
Anda harus menjaga kebersihan, terutama ketika bayi Anda berada di bawah enam bulan. Hindari penyebaran kuman dengan memperhatikan kebersihan rumah. Cucilah tangan Anda setelah bersin atau menggunakan toilet. Perhatikan pula debu yang menempel pada perabot rumah, terutama karpet dan bonekanya.

 

5 . Imunisasi
Sebelum usia 18 bulan, Si Kecil memiliki beberapa vaksinasi. Vaksin bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh bayi Anda untuk menghasilkan antibodi yang melawan penyakit. Maka, vaksin juga merupakan bagian penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. (Aulia/doc.M&B)



Tags: cara meningkatkan imun bayi










Cover April 2020