Home - Keluarga - Karier Ibu / 30 Oktober 2013 / Redaksi

Tip Sukses Menjadi Mamapreneur

Apakah Anda memiliki keinginan untuk membuka bisnis sendiri? Wujudkan keinginan itu dan jangan ragu! Anda pasti bisa menjadi 'mamapreneur' yang andal.


Rasa khawatir saat ingin mencoba sesuatu yang baru, seperti membuka bisnis sendiri, sangatlah wajar. Namun, jangan sampai hal itu menghambat keinginan dan kreativitas Anda untuk berbisnis. Coba pikirkan sesuatu yang positif, seperti dengan berbisnis berarti Anda bisa mengatur jam kerja sendiri, sehingga waktu bersama Si Kecil pun menjadi lebih banyak. Liza Utter, pemenang award celebrity restaurateur dan ibu dari 2 anak juga akan mengungkap beberapa rahasia untuk menjadi 'mamapreuner' yang sukses.


Lakukan Hal Yang Disukai
Bagaimana cara tepat untuk memulai bisnis dengan baik? Lakukan hal yang Anda sukai. Pernyataan tersebut mungkin terdengar klise, namun sangat penting. Mulailah dengan membangun bisnis yang berhubungan dengan hobi Anda, seperti memasak, mendesain pakaian, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda akan merasa senang dan nyaman saat menjalaninya. Sebuah pepatah mengatakan, 'lakukanlah hal yang Anda sukai dan uang pun akan mengikutinya'.




Temukan Motivasi
Saat menjalani bisnis, Anda harus memiliki motivasi yang kuat untuk melakukannya. Apakah karena Anda memiliki ide bisnis yang hebat? Apakah Anda melakukannya untuk membantu orang lain? Apakah untuk passion Anda? Apakah karena Anda memang butuh uang atau bosan dengan rutinitas yang ada? Hal ini penting untuk diketahui, karena menjalankan bisnis membutuhkan perjuangan dan komitmen untuk bisa sukses. Jika tidak memiliki motivasi yang kuat atau hanya setengah hati menjalaninya, Anda tidak akan bahagia, apalagi sukses dalam berbisnis.


Tentukan Visi dan Jalankan
Setelah menemukan misi, sekarang waktunya Anda menentukan visi dari bisnis yang akan dijalankan. Dengan memiliki visi yang jelas, Anda akan lebih terpacu untuk meraih tujuan dan menjalani bisnis dengan penuh semangat. Anda pun tidak akan berhenti untuk mengejar target sampai semuanya benar-benar tercapai. Visi ini juga berguna untuk membantu Anda menentukan gaya berbisnis dan mengarahkan orang-orang yang tergabung di dalamnya. 




Waktu Sendiri
Sesibuk apapun Anda, sebaiknya sediakan waktu menyendiri. Pergilah sejenak ke tempat yang menurut Anda nyaman untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Di saat ini, biasanya juga akan muncul inspirasi dan ide baru bagi bisnis yang sedang dijalani. Jika sedang terjadi masalah, kegiatan ini akan membantu Anda untuk bisa berpikiran lebih jernih. Sehingga, Anda tidak hanya menggunakan emosi saat mencari jalan keluarnya, namun juga melibatkan hati.  


Kerja Cerdas, Tapi Tidak Terlalu Keras
Melakukan segala pekerjaan dengan cerdas, namun tidak terlalu keras merupakan hal yang dibutuhkan untuk menjadi 'mamapreneur' sukses. Anda bukan super women, jadi Anda tidak perlu menyelesaikan segala urusan rumah tangga, keperluan Si Kecil, dan pekerjaan dalam waktu bersamaan. Ada kalanya Anda harus meluangkan waktu bersama Si Kecil, namun ada saatnya pula Anda mengunci diri di ruang kerja untuk menyelesaikan urusan bisnis. Tidak perlu merasa bersalah, selama Anda melakukannya dengan berkualitas, semuanya pasti tetap berjalan dengan baik. (Dina/SR/Dok.M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Tip Satu Jam Pertama Berada di Kantor

OTHER ARTICLES

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bayi Kena Heatstroke, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Waxing?

Kembali Bekerja Usai Melahirkan, Lakukan Ini, Moms

Apa Dampak Kekurangan Vitamin D saat Hamil?