Mother&Baby Indonesia
Tip Menghemat Pengeluaran untuk Si Kecil

Tip Menghemat Pengeluaran untuk Si Kecil

M&B yakin Anda tidak keberatan mengeluarkan dana demi Si Kecil. Namun, ternyata, Anda bisa pintar dan menghemat pengeluaran untuk Si Kecil dan mengalihkan hasil penghematan itu untuk keperluan yang lain. Apa saja yang bisa Anda hemat? Bagaimana caranya?


1. Susu formula. Berhematlah dengan cara memberikan ASI. Atau, jika harus memakai formula, bergabunglah dengan klub pengguna susu (biasanya, produsen susu besar memiliki klub ini) untuk mendapat informasi promosi dan mendapat keuntungan dari kegiatan lainnya (misalnya penukaran poin belanja).

                                                      
2. Biaya babysitter. Anda bisa mengurangi dana dengan meminta kerabat dekat untuk mengasuh Si Kecil. Tetapi jika Anda harus menyewa jasa, pastikan perusahaan penyedia jasa pengasuh itu terpercaya dan memiliki jaminan tenaga kerja mereka bagus sehingga Anda tidak rugi membayar mahal.  




3. Popok sekali pakai. Menggunakan popok kain akan sedikit merepotkan tetapi Anda bisa memotong biaya popok sekali pakai. Menurut hitungan M&B, Anda bisa berhemat hingga Rp 1.500.000 per bulan!




4. Mainan dan pakaian. Barang-barang Si Kecil tidak harus serbabaru. Jika ingin berhemat, Anda bisa membeli mainan atau perlengkapan bekas pakai atau menyewanya. Pakaian pun bisa dibeli di online  atau beli grosiran, sehingga lebih murah. Harap diingat bahwa perlengkapan anak sebagian besar hanya dipakai dalam waktu sebentar karena Si Kecil akan tumbuh pesat.


5. Makanan. Membuat sendiri makanan untuk Si Kecil sudah pasti lebih murah (dan terjamin mutunya). Anda bisa berhemat hingga Rp 1.000.000 per bulan. Lumayan, kan? (Sandra.D/Dok.M&B)



Tags: keuangan,   manajemen keuangan,   parenting,   hemat,   popok,   susu formula








Cover September 2019

Related Article